PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Nama Sekolah :
.....................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 2 (dua)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
7. Memahami gaya dapat
mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
|
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat
mengubah gerak suatu benda
|
|
o Membuat daftar berbagai gerak benda.
o Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda,
misalnya didorong dan dilempar.
o Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi
gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang
datar karena dorongan.
|
|
|
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat
mengubah bentuk suatu benda
|
|
o Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari
cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda.
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ........
(...............................................)
NIP:
|
|
............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )
(...............................................)
NIP:
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Nama Sekolah :
.....................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 2 (dua)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
8. Memahami
berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan
sekitar serta sifat-sifatnya
|
|
o Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas.
o Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas.
o Membuat daftar sumber-sumber bunyi yang
terdapat di lingkungan sekitar.
o Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh
benda yang bergetar.
o Menunjukkan bukti perambatan bunyi pada benda
padat, cair, dan gas.
o Menunjukkan bahwa bunyi dapat dipantulkan
atau diserap.
|
|
|
8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya
|
|
o Mencari informasi berbagai sumber energi
alternatif.
o Memberi contoh benda-benda yang menggunakan
sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya.
|
|
|
8.3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak
akibat pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat
kertas/parasut
|
|
o Menentukan karya/model yang akan dibuat
o Menentukan bahan yang akan digunakan.
o Membuat karya/model sesuai rancangan.
o Menguji karya/model yang dibuat dan menyempurnakannya.
o Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan, keamanan kerja dan
menjaga kebersihan.
|
|
|
8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik
|
|
o Menunjukkan bukti perubahan bunyi melalui alat musik
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ........
(...............................................)
NIP:
|
|
............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )
(...............................................)
NIP:
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Nama Sekolah :
.....................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 2 (dua)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
9. Memahami
perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
|
9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi.
|
|
o Mengidentifikasi perubahan daratan, yang
disebabkan oleh air, dan udara, misalnya: perubahan akibat pasang-surut air
laut, badai, erosi, dan kebakaran
o Menjelaskan pengaruh air laut pasang dan
surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal, pengaruh erosi kebakaran hutan
bagi mahluk hidup dan lingkungannya.
|
|
|
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.
|
|
o Mengidentifikasi kedudukan benda langit
misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari”
terbit dan tenggelam, penampakan bulan dari hari ke hari.
o Mencari informasi tentang kedudukan benda
langit.
|
|
10. Memahami
perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
|
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin,
hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
|
|
o Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan
lingkungan fisik.
o Menjelaskan pengaruh factor penyebab
perubahan lingkungan terhadapdaratan (angin, hujan, cahaya matahari dan
gelombang laut).
|
|
|
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan
(erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
|
|
o Mendemonstrasikan proses terjadinya erosi
pada permukaan tanah.
|
|
|
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi,
banjir, dan longsor)
|
|
Mengidentifikasi
cara mencegah erosi tanah dan abrasi
|
|
11. Memahami
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
|
|
o Memberi contoh berbagai jenis sumber daya
alam di Indonesia.
o Menggolongkan benda menurut asalnya.
|
|
|
11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang
digunakan
|
|
o Mengidentifikasi hasil teknologi yang
digunakan manusia dengan menggunakan sumber daya alam, misalnya kertas dari
kayu, pakaian dari kapas.
|
|
|
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian
lingkungan
|
|
o Mengumpulkan informasi tentang dampak
pengambilan sumber daya alam tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan.
o Membiasakan diri untuk menggunakan sumber
daya alam secara bijaksana.
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ........
(...............................................)
NIP:
|
|
............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )
(...............................................)
NIP:
|