LAPORAN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS)
SD NEGERI …………………………………
2011-2012
1. STANDAR ISI | |
Komponen | Indikator |
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan | 1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP. 1.1.2. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. 1.1.3. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa. |
1.2. Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik | 1.2.1. Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. 1.2.2. Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. |
1. ISI | |||||||
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan | |||||||
1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP. | |||||||
Bukti-Bukti Fisik | Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik | ||||||
- SK Tim Pengembangan Kurkulum, Notulen Rapat, Daftar Hadir - Daftar Hadir Penyusunan kurikulum - Buku panduan KTSP - Buku referensi - pendukung KTSP - Memiliki Silabus semua mata pelajaran - Memiliki RPP semua mata pelajaran | - Sekolah kami sudah memiliki tim pengembangan kurikulum, dilengkapi dengan SK, Notulen rapat, daftar hadir - Dalam menysusun kurikulum melibatkan komite sekolah, kepala sekolah, Pendidik, dan tokoh masyarakat - Dalam menyusun kurikulum, sekolah menggunakan panduan dari BSNP, dan buku referensi pendukung lainnya. - Semua guru memiliki silabus sesuai mata pelajaran yang diampunya. - Semua guru memiliki Program tahunan, program semester dan RRP , dan tetap diadakan peninjauan dan re- Visi setiap tahun. - Kurikulum sekolah kami memuat muatan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan kebutuhan Persyarikatan. | ||||||
Tahapan Pengembangan | |||||||
Tahap ke-4 | v | Tahap ke-3 | Tahap ke-2 | Tahap ke-1 | |||
Kurikulum sekolah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP dan menjadi rujukan bagi pengembangan kurikulum sekolah lainnya yang memiliki karakteristik yang sama. | Kurikulum sekolah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP. | Kurikulum sekolah kami disusun mengikuti panduan yang disusun BSNP namun masih memerlukan pengembangan. | Kurikulum sekolah kami belum sepenuhnya mengikuti panduan yang disusun BSNP. | ||||
Rekomendasi: 1. Perlu dikaji dan direviuw silabus, RPP setiap tahun. | |||||||
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan | |||||||
1.1.2. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan social masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. | |||||||
Bukti-Bukti Fisik | Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik | ||||||
- Kurikulum Muatan Lokal dari Dinas Pendidikan | - Sekolah kami telah mempunyai SK dan KD muatan lokal (bahasa inggris, arab melayu) yang disusun oleh Dinas Propinsi Riau. | ||||||
Tahapan Pengembangan | |||||||
Tahap ke-4 | v | Tahap ke-3 | Tahap ke-2 | Tahap ke-1 | |||
Kurikulum sekolah kami disusun dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan social masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran yang terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran serta menjadi rujukan kab/kota dalam pengembangan kurikulum lokal. | Kurikulum sekolah kami disusun dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhansocial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran yang terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran. | Kurikulum sekolah kami disusun dengan mempertimbangkan usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran. | Kurikulum sekolah kami disusun belum mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan social masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. | ||||
Rekomendasi: - Perlu mendalami kurikulum muatan lokal yang dikeluarkan diknas provinsi Riau. | |||||||
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan | |||||||
1.1.3. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa. | |||||||
Bukti-Bukti Fisik | Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik | ||||||
- Program Pengajaran- Prota, Prosem, Remedial dan Pengayaan | - Sekolah kami telah menyusun program pengajaran yang memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri - Sekolah kami telah menyusun program tahunan, semester, remedial dan pengayaan | ||||||
Tahapan Pengembangan | |||||||
Tahap ke-4 | ν | Tahap ke-3 | Tahap ke-2 | Tahap ke-1 | |||
Struktur kurikulum sekolah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan yang sistematis untuk setiap peserta didik. | Struktur kurikulum sekolah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan. | Struktur kurikulum sekolah kami kurang mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, sedangkan program remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan. | Struktur kurikulum sekolah kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, serta program remedial dan pengayaan belum pernah dilaksanakan. | ||||
Rekomendasi: Perlu memperhatikan dan menjalankan sesuai program yang telah dibuat. | |||||||
1.2. Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik | |||||||
1.2.1. Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. | |||||||
Bukti-Bukti Fisik | Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik | ||||||
- program kegiatan BP/BK- Data siswa yang bermasalah - Hasil evaluasi kegiatan BK - laporan hasil BP/BK tentang siswa | - Sekolah kami melakukan kegiatan bimbingan konseling dilengkapi dengan rencana program, evaluasi dan tindak lanjut - Sekolah kami melaporkan hasil bimbingan dan konseling terhadap orang tua siswa. | ||||||
Tahapan Pengembangan | |||||||
Tahap ke-4 | v | Tahap ke-3 | Tahap ke-2 | Tahap ke-1 | |||
Sekolah kami menyediakan layanan dan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi setiap peserta didik, baik yang terprogram dengan jelas maupun berdasarkan kasus per kasus sesuai kebutuhan peserta didik. | Sekolah kami memberikan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan serta menawarkan pelayanan konseling dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. | Sekolah kami masih sangat terbatas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. | Sekolah kami belum mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik. | ||||
Rekomendasi: - Perlu meningkatkan kegiatan layanan BP/BK berdasarkan kasus perkasus peserta didik | |||||||
1.2. Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik | |||||||
1.2.2. Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. | |||||||
Bukti-Bukti Fisik | Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik | ||||||
- Angket pilihan ekskul untuk siswa- SK Kepala Sekolah - Program ekskul | - Sekolah kami menyusun kegiatan program ekskul sesuai dengan bakat, minat, tingkat perkembangan usia peserta didik dan budaya setempat. - Membuat struktur organisasi, perencanaan, pelaksanaan ekskul | ||||||
Tahapan Pengembangan | |||||||
Tahap ke-4 | v | Tahap ke-3 | Tahap ke-2 | Tahap ke-1 | |||
Sekolah kami menyediakan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disesuaikan dengan minat setiap peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstra- kurikulernya. | Sekolah kami sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik. | Sekolah kami menyediakan kegiatan ekstra-kurikuler tetapi belum mengakomodir semua kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. | Sekolah kami belum mampu memberikan kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik. | ||||
Rekomendasi: Perlu merevisi program dan kegiatan ekskul setiap tahunnya. |
Ini sangat bermanfaat sebagai acuan dan contoh
BalasHapus. Terima kasih mas.