RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Sekolah :
....................................................
TEMA :
AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (1 hari)
I. STANDAR KOMPETENSI
1
PKn Menerapkan hidup
rukun dalam perbedaan
2
IPS Memahami identitas
diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
3
BHS INDO Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang
dilisankan
4
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa,
pengenalan benda, fungsi anggota tubuh dan deklamasi
5
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
6
Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan,
mencontoh, melengkapi dan menyalin
7
IPA Mengenal anggota
tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
8
MATEMATIKA Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
9
SENI BUDAYA Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
10
Mengapresiasi karya seni tari
11
ORJASKES Mempraktekkan gerak dasar dalam permainan
sederhana/aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
12 Mendemontrasikan
sikap tubuh dalam berbagai posisi
II. KOMPETENSI DASAR
1
AGAMA Membiasakan berperilaku jujur
2
Membiasakan
berperilaku disiplin
3
PKn Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
4
Menerapkan
contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
5
Menerapkan
hidup rukun di rumah dan di sekolah
6
BAHASA INDONESIA Melaksanakan sesuai sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
7
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita
8
Memperkenalkan
diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
9
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
10
Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku
atau papan tulis dengan benar
11 MATEMATIKA Membilang banyak benda
12 Mengurutkan banyak
benda
13 IPS Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan
kerabat
14 IPA Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya
serta cara perawatannya
15 SENI-BUDAYA Melafalkanlagu anak
16 Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam
melaksanakan gerak di tempat
13
ORJASKES Mempraktekkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama,
toleransi dan percaya diri
14 Mendemontrasikan
sikap tubuh dalam berbagai posisi
III. INDIKATOR
1.
AGAMA Berperilaku jujur
2.
Berperilaku
disiplin
3.
PKn Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin
4.
Menyebutkan ciri kebiasaan dari penampilan laki dan
perempuan
5.
Menyebutkan contoh-contoh hidup rukun
6.
Menerapkan
contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
7.
Menerapkan
hidup rukun di rumah
8.
BAHASA INDONESIA Melaksanakan sesuai sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
9.
Menyebutkan
tokoh-tokoh dalam cerita tentang keluarga
10.
Memperkenalkan
diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
11.
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
12.
Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku
atau papan tulis dengan benar
13.
MATEMATIKA Membilang banyak anggota keluarga
14. Mengurutkan
banyaknya anggota keluarga
15. Menyebutkan
perbedaan besar dan kecil fisik anggota keluarga dalam gambar
16.
IPS Mengidentifikasi identitas diri sendiri
17.
Menyebutkan identitas anggota keluarga
18.
IPA Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh
19.
Menyebutkan nama-nama anggota tubuh an kegunaannya
20.
SENI-BUDAYA Melafalkan lagu aku sayang ibu
21.
Mengidentifikasi
fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
22. ORJASKES Mempraktekkan gerak dasar jalan, toleransi
dan percaya diri
23.
Mendemontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi
IV. TUJUAN
1.
AGAMA Siswa dapat Berperilaku jujur
2.
Siswa
dapat Berperilaku disiplin
3.
PKn Siswa dapat Menjelaskan perbedaan jenis kelamin
4.
Siswa
dapat Menyebutkan ciri kebiasaan dari
penampilan laki dan perempuan
5.
Siswa
dapat Menyebutkan contoh-contoh hidup
rukun
6.
Siswa
dapat Menerapkan contoh hidup rukun
melalui kegiatan di rumah
7.
Siswa
dapat Menerapkan hidup rukun di
rumah
8.
BAHASA INDONESIA Siswa dapat Melaksanakan sesuai dengan
perintah atau petunjuk sederhana
9.
Siswa
dapat Menyebutkan tokoh-tokoh dalam
cerita tentang keluarga
10.
Siswa
dapat Memperkenalkan diri dengan
kalimat sederhana dan bahasa yang santun
11.
Siswa
dapat Membaca nyaring suku kata dan
kata dengan lafal yang tepat
12.
Siswa
dapat Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku
atau papan tulis dengan benar
13.
MATEMATIKA Siswa dapat Membilang banyak anggota keluarga
14. Siswa dapat Mengurutkan
banyaknya anggota keluarga
15. Siswa dapat Menyebutkan
perbedaan besar dan kecil fisik anggota keluarga dalam gambar
16.
IPS Siswa dapat Mengidentifikasi
identitas diri sendiri
17.
Siswa
dapat Menyebutkan identitas anggota
keluarga
18.
IPA Siswa dapat Mengidentifikasi
bagian-bagian tubuh
19.
Siswa
dapat Menyebutkan nama-nama anggota tubuh dan kegunaannya
20.
SENI-BUDAYA Siswa dapat Melafalkan lagu aku
sayang ibu
21.
Siswa
dapat Mengidentifikasi fungsi tubuh
dalam melaksanakan gerak di tempat
22. ORJASKES Siswa dapat Mempraktekkan
gerak dasar jalan, toleransi dan percaya diri
23.
Siswa
dapat Mendemontrasikan sikap tubuh dalam
berbagai posisi
V. MATERI
1.
AGAMA Perilaku jujur
2.
Perilaku
disiplin
3.
PKn Perbedaan jenis
kelamin
4.
Kebiasaan dari penampilan laki dan perempuan
5.
Contoh-contoh hidup rukun
6.
BAHASA INDONESIA Cara melaksanakan sesuai sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
7.
Cara
bercerita tentang keluarga
8.
Cara
memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
9.
Cara
membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
10.
Huruf,
kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
11.
MATEMATIKA Bilangan
12. Urutan bilangan
13. Perbedaan besar
dan kecil fisik
14.
IPS Identitas diri sendiri
15.
Identitas anggota keluarga
16.
IPA Identifikasi bagian-bagian tubuh
17.
Nama-nama anggota tubuh an kegunaannya
18.
SENI-BUDAYA Lagu aku sayang ibu
19.
Fungsi
tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
20. ORJASKES Gerak dasar jalan, toleransi dan percaya diri
21.
Posisi sikap tubuh dalam berbagai gerak dan kegiatan
VI. METODE
DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
·
Pendekatan Kooperatif learning
·
Metode Ceramah
·
Metode Diskusi
·
Metode Tanya Jawab
·
Metode penugasan
VI. LANGKAH PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Awal/Pendahuluan
§ Mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§ Mengajak siswa
menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai
dengan syair lagu (Orkes,
Budaya-Keterampilan)
§ Menginformasikan
tema yang akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)
b. Kegiatan Inti
5)
Menugaskan semua siswa
untuk menyebutkan data dirinya (nama, kelas, sekolah dan tempat
tinggal) dengan kalimat sederhana (PKn & IPS & BI, MAT)
6) Semua siswa diminta mengamati contoh huruf sambung dan contoh huruf lepas,
serta cara penulisannya. suku kata, kata dan kalimat sederhana
7) Bertanya jawab apakah siswa mempunyai foto
juga seperti keluarga Adi
8) Meminta siswa (yang berani, kalau tidak
berani sendirian, bisa dua atau tiga anak) untuk menyanyi lagu yang mereka bisa
nyanyikan. Yang lain bertepuk tangan memberi semangat (PKn, IPS, BI, Orjaskes, Seni-Budaya)
9) Guru (memberikan wawasan) dengan bercerita
bahwa di dunia ini selain manusia ada bermacam-macam isinya
§ Ada manusia
§ Ada hewan
§ Ada tumbuhan
§ Dan semua orang pastilah punya nama (nama biasanya mempunyai arti) (Agama, PKn & IPS
& BI, MAT)
10) Bertanya jawab tentang keadaan keluarga
siswa, apakah ayah dan ibu saling menyayangi, guru bercerita tentang keluarga
yang saling menyayangi dan bagaimana
hubungan kasih sayang di rumah yang baik (PKn & IPS & BI)
11) Memanggil salah satu siswa untuk bercerita
tentang kasih sayang di keluarganya (untuk melatih keberanian dalam
mengungkapkan isi hatinya) (PKn & IPS & BI)
12) Guru bercerita bahwa semua manusia adalah ciptaan Tuhan
(Cakrawala)
§ Ada laki-laki
§ Ada perempuan
§ Ayah yang sudah tua
§ Ada yang masih anak-anak
§ Ada yang senang olah raga
§ Ada yang senang menyanyi
13) Menugaskan siswa untuk berdiskusi dengan
teman sebangku, (membahas
tentang kartu keluarga), jenis kelamin (PKn
& IPS & BI)
14)
Terakhir
semua siswa ”Berbudi Pekerti” dan diharapkan semua siswa menerapkan
perilaku-perilaku positif
sesuai petunjuk berbudi pekerti.
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
1)
Bersama-sama
siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
2)
Bertanya
jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran
(evaluasi hasil belajar)
3)
Menugaskan semua siswa untuk bertanya di keluarga
masing-masing, berapa banyak anggota keluarga yang ada di rumah, rumahnya di
jalan apa, warna pagar dan rumahnya apa dsb
4)
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar
tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA, Matematika, Olah raga jasmani dan kesehatan, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama/akhlak mulia dan
budi pekerti luhur)
§ Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama mulia dan budi
pekerti luhur)
VIII. PENILAIAN
1
Penilaian
Lisan (dalam proses)
2
Penilaian
Tingkah laku (Pengamatan)
3
Penilaian
Produk
4
Penilaian
Portofolio
5
Penilaian
Tertulis Obyektif
6
Penilaian
Tertulis Subyektif
7
Penilaian
Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui, Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
....................................
.......................................... NIP
NIP
LAMPIRAN :
1. MEDIA GAMBAR KELUARGA
2. INSTRUMEN PENILAIAN (BAHASA INDONESIA)
- Penilaian Lisan (dalam proses)
1)
i. n i i
b u
2)
i. n i
a y a h
3)
i n i
a d i t y a
- Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
1)
Siswa aktif/tidak aktif.
2)
Mau menjawab pertanyaan guru
3)
Menjawab lancar dan jelas.
4)
Berani maju ke depan kelas
5)
Sopan dan santun dalam menjawab pertanyaan
6)
Berani bertanya dengan percaya diri.
7)
Mau menulis di buku
8)
Tidak bertengkar dengan teman sekelas
- Penilaian Produk
1) Hasil Siswa
menjiplak dan menebalkan tulisan.
2) Hasil siswa
menebalkan garis, lingkaran
- Penilaian Portofolio (selama satu periode dalam satu tema)
1)
Hasil cerita dan
atau tulisan siswa tentang keluarga masing-masing.
- Penilaian Tertulis Obyektif
1)
namaku ....
2)
aku dipanggil ....
3)
aku kelas ... sekolah dasar
4)
aku punya adik namanya ....
5)
adikku sekolah di ....
- Penilaian Tertulis Subyektif (bacalah kalimat di bawah ini)
1)
i. n i i
b u
2)
i. n i
a y a h
3)
i n i
a d i t
y a
- Penilaian Unjuk Kerja (menilai siswa dalam proses)
1)
Siswa membuat tulisan dengan tangan
2)
Siswa bercerita di depan kelas
3)
Siswa siswa mau menyanyi
4)
Siswa mau menjawab pertanyaan
PENILAIAN
MATEMATIKA
1. Sebutkan angka dengan lambang bilangan sesuai petunjuk
gurumu
2. Jiplaklah cara menulis angka
3. Sebutkan cara membaca angka
Lampiran 1
INSTRUMEN
OBSERVASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(SESUAI STANDAR PROSES)
Nama Guru yang diamati
: …………………………………………………
Sekolah
: ………………………………………………..
Kelas/Semester
:
Tanggal Pengamatan : ………………………………………………..
Tema
: ……………………………………………………......
Petunjuk:
Berikut ini disajikan poin-poin berkenaan dengan pelaksanaan
pembelajaran. Berilah tanggapan sesuai dengan apa yang Anda amati, dengan
member tanda cek (√) pada kolom pilihan.
Ketentuan (√) adalah sebagai berikut:
5 :
dilakukan dengan sangat baik
4 :
dilakukan dengan baik
3 :
cukup dilakukan dengan baik
2 :
kurang baik dilakukan
1 :
tidak dilakukan
N0
|
Komponen
(Uraian)
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||||
1
|
Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2
|
Guru
melakukan kegiatan appersepsi (mengajikan pertanyaan-pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari)
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru
menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
|
|
|
|
|
|
B
|
Kegiatan Inti
|
|||||
Eksplorasi
|
||||||
1
|
Guru
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentng
topic/tema materi yang akan dipelajari dari berbagai sumber
|
|
|
|
|
|
2
|
Guru
memilih dan menggunakan media dan sumber belajar dengan tepat
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru
menggunakan metode dengan tepat (mengacu pada karakteristik materi dan siswa)
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain.
|
|
|
|
|
|
5
|
Guru
menfasilitasi terjadinya interaksi
antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya
|
|
|
|
|
|
6
|
Guru
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
|
|||||
7
|
Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio atau lapangan
|
|
|
|
|
|
|
Elaborasi
|
|
|
|
|
|
1
|
Guru
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna
|
|
|
|
|
|
2
|
Guru
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru, baik
secara lisan maupun tertulis
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru
memberikan kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru
memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
|
|||||
5
|
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
|
|
|
|
|
|
6
|
Guru
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan, baik
secara lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
|
|
|
|
|
|
7
|
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok
|
|
|
|
|
|
8
|
Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan
|
|
|
|
|
|
9
|
Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan
dan rasa percaya diri peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
Konfirmasi
|
|
|
|
|
|
1
|
Guru
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberikan
latihan pengembangan untuk mengaplikasikan hasil eksplorasi, elaborasi dan
konfirmasi
|
|
|
|
|
|
3
|
Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
& elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
|
|
|
|
|
|
5
|
Guru
berfungsi sebagai nara sumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
|
|
|
|
|
|
6
|
Guru
membantu menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
|
7
|
Guru
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
|
|
|
|
|
|
8
|
Guru
member informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
|
|
|
|
|
|
9
|
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
|
|
|
|
|
|
B
|
Kegiatan
Penutup
|
|||||
1
|
Guru
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberikan
latihan pengembangan untuk mengaplikasikan hasil eksplorasi, elaborasi dam
konfirmasi
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
|
5
|
Guru memberikan
tugas untuk diselesaikan di rumah
|
|
|
|
|
|
6
|
Guru
merencanakan kegiatan tindal lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy, program
pengayaan, layanan konseling da/atau memberikan tugas, baik tugas individual
maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar peserta didik
|
|
|
|
|
|
7
|
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
|
|
|
|
|
|
Komponen Umum
|
|
|
|
|
|
1
|
Sajian
isi materi pembelajaran terorganisasi dengan tepat (mudah ke sulit, sederhana
ke kompleks, dsb)
|
|
|
|
|
|
2
|
Antusias
siswa
|
|
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut dan/atau mengikuti langkah-langkah pembelajaran
yang direncanakan
|
|
|
|
|
|
4
|
Penggunaan
waktu sesuai yang direncanakan
|
|
|
|
|
|
5
|
Menggunakan
bahasa yang santun, komunikatif, baik dan benar.
|
|
|
|
|
|
|
Catatan
tambahan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
………………., ………………………… 2010
Pengamat,
(……………………………………………..)
Nip. : ………………………
Pengolahan Hasil Pengamatan
1.
Skor Indikator keberhasilan
Keberhasilan pelaksanaan kegiatan
pembelajaran di skor berdasarkan pertimbangan kualitas proses dan hasil yang
diklasifikasikan sebagai berikut:
a.
Skor tiap aspek: merupakan jumlah skor
dari komponen
Jumlah skor komponen yang diperoleh
b.
Kinerja komponen aspek =
Jumlah skor maksimum setiap komponen
c.
Skor Total: merupakan jumlah skor semua
komponen (jumlah skor total = 200)
2.
Nilai Kinerja
a.
AMAT BAIK = skor 162 – 200
b.
BAIK = skor
132 – 160
c.
CUKUP = skor
112 – 130
d.
KURANG = skor
≤ 112
3.
Perhitungan Nilai
Klasifikasi nilai kinerja diberikan
pada komponen dan Grand Summary (Umum) dengan criteria sebagai berikut:
a.
AMAT BAIK = 81 – 100 %
b.
BAIK =
66 – 80 %
c.
CUKUP =
56 – 65 %
d.
KURANG = ≤ 56
Tidak ada komentar:
Posting Komentar