Sabtu, 17 Desember 2011

Contoh RPP Tematik


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Sekolah                                          : ....................................................
TEMA                                              : AKU DAN KELUARGAKU
KELAS /SEMESTER                       : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU                                           : 3  kali pertemuan @ 5 JP/hari (1 hari)

I.  STANDAR KOMPETENSI
1         PKn  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2         IPS  Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
3         BHS INDO Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
4         Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda, fungsi anggota tubuh dan deklamasi
5         Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
6         Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin
7         IPA Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
8         MATEMATIKA Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
9         SENI BUDAYA Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
10      Mengapresiasi karya seni tari
11      ORJASKES Mempraktekkan gerak dasar dalam permainan sederhana/aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
12      Mendemontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi

II.   KOMPETENSI DASAR
1         AGAMA Membiasakan berperilaku jujur
2         Membiasakan berperilaku disiplin
3         PKn  Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
4         Menerapkan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
5         Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
6         BAHASA INDONESIA Melaksanakan sesuai sesuai  dengan perintah atau petunjuk sederhana
7         Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
8         Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
9         Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
10      Mencontoh  huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
11      MATEMATIKA  Membilang banyak benda
12      Mengurutkan banyak benda
13      IPS Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
14      IPA Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
15      SENI-BUDAYA Melafalkanlagu anak
16      Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
13      ORJASKES Mempraktekkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
14      Mendemontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi


III.   INDIKATOR
1.        AGAMA Berperilaku jujur
2.        Berperilaku disiplin
3.        PKn  Menjelaskan perbedaan jenis kelamin
4.        Menyebutkan ciri kebiasaan dari penampilan laki dan perempuan
5.        Menyebutkan contoh-contoh hidup rukun
6.        Menerapkan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
7.        Menerapkan hidup rukun di rumah
8.        BAHASA INDONESIA Melaksanakan sesuai sesuai  dengan perintah atau petunjuk sederhana
9.        Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita tentang keluarga
10.     Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
11.     Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
12.     Mencontoh  huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
13.     MATEMATIKA  Membilang banyak anggota keluarga
14.     Mengurutkan banyaknya  anggota keluarga
15.     Menyebutkan perbedaan besar dan kecil  fisik  anggota keluarga dalam gambar
16.     IPS Mengidentifikasi identitas diri sendiri
17.     Menyebutkan identitas anggota keluarga
18.     IPA Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh
19.     Menyebutkan nama-nama anggota tubuh an kegunaannya
20.     SENI-BUDAYA Melafalkan lagu aku sayang ibu
21.     Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
22.     ORJASKES  Mempraktekkan gerak dasar jalan, toleransi dan percaya diri
23.     Mendemontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi

IV.   TUJUAN
1.        AGAMA Siswa dapat Berperilaku jujur
2.        Siswa dapat Berperilaku disiplin
3.        PKn  Siswa dapat Menjelaskan perbedaan jenis kelamin
4.        Siswa dapat Menyebutkan ciri kebiasaan dari penampilan laki dan perempuan
5.        Siswa dapat Menyebutkan contoh-contoh hidup rukun
6.        Siswa dapat Menerapkan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah
7.        Siswa dapat Menerapkan hidup rukun di rumah
8.        BAHASA INDONESIA Siswa dapat Melaksanakan sesuai  dengan perintah atau petunjuk sederhana
9.        Siswa dapat Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita tentang keluarga
10.     Siswa dapat Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
11.     Siswa dapat Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
12.     Siswa dapat Mencontoh  huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
13.     MATEMATIKA  Siswa dapat Membilang banyak anggota keluarga
14.     Siswa dapat Mengurutkan banyaknya  anggota keluarga
15.     Siswa dapat Menyebutkan perbedaan besar dan kecil  fisik  anggota keluarga dalam gambar
16.     IPS Siswa dapat Mengidentifikasi identitas diri sendiri
17.     Siswa dapat Menyebutkan identitas anggota keluarga
18.     IPA Siswa dapat Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh
19.     Siswa dapat Menyebutkan nama-nama anggota tubuh dan kegunaannya
20.     SENI-BUDAYA Siswa dapat Melafalkan lagu aku sayang ibu
21.     Siswa dapat Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
22.     ORJASKES  Siswa dapat Mempraktekkan gerak dasar jalan, toleransi dan percaya diri
23.     Siswa dapat Mendemontrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi


V.   MATERI
1.        AGAMA Perilaku jujur
2.        Perilaku disiplin
3.        PKn  Perbedaan jenis kelamin
4.        Kebiasaan dari penampilan laki dan perempuan
5.        Contoh-contoh hidup rukun
6.        BAHASA INDONESIA Cara melaksanakan sesuai sesuai  dengan perintah atau petunjuk sederhana
7.        Cara bercerita tentang keluarga
8.        Cara memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
9.        Cara membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
10.     Huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
11.     MATEMATIKA  Bilangan
12.     Urutan  bilangan
13.     Perbedaan besar dan kecil  fisik 
14.     IPS Identitas diri sendiri
15.     Identitas anggota keluarga
16.     IPA Identifikasi bagian-bagian tubuh
17.     Nama-nama anggota tubuh an kegunaannya
18.     SENI-BUDAYA Lagu aku sayang ibu
19.     Fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
20.     ORJASKES  Gerak dasar jalan, toleransi dan percaya diri
21.     Posisi sikap tubuh dalam berbagai  gerak dan kegiatan


VI.  METODE  DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
·         Pendekatan Kooperatif learning
·         Metode Ceramah
·         Metode Diskusi
·         Metode Tanya Jawab
·         Metode penugasan


VI.   LANGKAH PEMBELAJARAN
a.        Kegiatan Awal/Pendahuluan
§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Sayang Ibu” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Aku Dan Keluargaku)

  b.     Kegiatan Inti
1)       Meminta semua siswa mengamati gambar Keluarga Adi Yang terdiri dari ayah, ibu, asih dan adi. Guru menceritakan makna gambar, dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama masing-masing siswa,
2)       Guru membacakan teks tentang “keluargaku” dan semua siswa menirukan cara membaca dengan lafal yang tepat
3)       Menugaskan beberapa siswa untuk membilang dan mengurutkan keluarga (dalam gambar) dan secara fisik mana yng paling besar, kemudian diurutkan dari yang paling kecil ke yang paling besar
4)       Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama-nama guru dan siswa (ada yang hanya satu kata, ada yang namanya terdiri dari dua kata)
5)       Menugaskan semua siswa untuk menyebutkan data dirinya (nama, kelas, sekolah dan tempat tinggal) dengan kalimat sederhana (PKn & IPS & BI, MAT)
§  siapa nama panggilannya,
§  siapa nama panjang/lengkapnya
§  siapa nama ayahnya
§  dan ibunya (PKn & IPS & BI)
6)       Semua siswa diminta mengamati  contoh huruf sambung dan contoh huruf lepas, serta cara penulisannya. suku kata, kata dan kalimat sederhana
7)       Bertanya jawab apakah siswa mempunyai foto juga seperti keluarga Adi
8)       Meminta siswa (yang berani, kalau tidak berani sendirian, bisa dua atau tiga anak) untuk menyanyi lagu yang mereka bisa nyanyikan. Yang lain bertepuk tangan memberi semangat (PKn, IPS, BI, Orjaskes, Seni-Budaya)
9)       Guru (memberikan wawasan) dengan bercerita bahwa di dunia ini selain manusia ada bermacam-macam isinya



§  Ada manusia
§  Ada hewan
§  Ada tumbuhan
§  Dan semua orang pastilah punya nama (nama biasanya mempunyai arti) (Agama, PKn & IPS & BI, MAT)
10)    Bertanya jawab tentang keadaan keluarga siswa, apakah ayah dan ibu saling menyayangi, guru bercerita tentang keluarga yang saling menyayangi  dan bagaimana hubungan kasih sayang di rumah yang baik (PKn & IPS & BI)
11)    Memanggil salah satu siswa untuk bercerita tentang kasih sayang di keluarganya (untuk melatih keberanian dalam mengungkapkan isi hatinya) (PKn & IPS & BI)



12)    Guru bercerita  bahwa semua manusia adalah ciptaan Tuhan (Cakrawala)
§  Ada laki-laki
§  Ada perempuan
§  Ayah yang sudah tua
§  Ada yang masih anak-anak
§  Ada yang senang olah raga
§  Ada yang senang menyanyi
13)    Menugaskan siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku, (membahas tentang kartu keluarga), jenis kelamin (PKn & IPS & BI)
14)    Terakhir semua siswa ”Berbudi Pekerti” dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif sesuai  petunjuk berbudi pekerti.

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
1)       Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
2)       Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
3)       Menugaskan semua siswa untuk bertanya di keluarga masing-masing, berapa banyak anggota keluarga yang ada di rumah, rumahnya di jalan apa, warna pagar dan rumahnya apa dsb
4)       Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Gambar-gambar tentang Keluarga
§ Lingkungan keluarga
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Olah raga jasmani dan kesehatan, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama/akhlak mulia dan budi pekerti luhur)
§ Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama mulia dan budi pekerti luhur)

VIII. PENILAIAN
1  Penilaian Lisan (dalam proses)
2  Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
3  Penilaian Produk
4  Penilaian Portofolio
5  Penilaian Tertulis Obyektif
6  Penilaian Tertulis Subyektif
7  Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)



Mengetahui,                                                                                    Guru Kelas 1


Kepala Sekolah

                                                                                                                        ....................................
               ..........................................                                                            NIP
              NIP







LAMPIRAN :
1.    MEDIA GAMBAR KELUARGA
2.    INSTRUMEN PENILAIAN (BAHASA INDONESIA)
  1. Penilaian Lisan (dalam proses)
1)       i. n  i     i  b  u
2)       i.  n  i      a  y  a  h
3)       i   n   i     a  d  i  t  y  a

  1. Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
1)       Siswa aktif/tidak aktif.
2)       Mau menjawab pertanyaan guru
3)       Menjawab lancar dan jelas.
4)       Berani maju ke depan kelas
5)       Sopan dan santun dalam menjawab pertanyaan
6)       Berani bertanya dengan percaya diri.
7)       Mau menulis di buku
8)       Tidak bertengkar dengan teman sekelas

  1. Penilaian Produk
1)       Hasil Siswa menjiplak dan menebalkan tulisan.
2)       Hasil siswa menebalkan garis, lingkaran

  1. Penilaian Portofolio (selama satu periode dalam satu tema)
1)       Hasil  cerita dan atau tulisan siswa tentang keluarga masing-masing.

  1. Penilaian Tertulis Obyektif
1)       namaku ....
2)       aku dipanggil ....
3)       aku kelas ... sekolah dasar
4)       aku punya adik namanya ....
5)       adikku sekolah di ....

  1. Penilaian Tertulis Subyektif (bacalah kalimat di bawah ini)
1)       i. n  i     i  b  u
2)       i.  n  i      a  y  a  h
3)       i   n   i     a  d  i  t  y  a

  1. Penilaian Unjuk Kerja (menilai siswa dalam proses)
1)       Siswa membuat tulisan dengan tangan
2)       Siswa bercerita di depan kelas
3)       Siswa siswa mau menyanyi
4)       Siswa mau menjawab pertanyaan









PENILAIAN MATEMATIKA

BUKER BHS EDIT

1.   Sebutkan angka dengan lambang bilangan sesuai petunjuk gurumu
2.   Jiplaklah cara menulis angka
3.   Sebutkan cara membaca angka










Lampiran 1
INSTRUMEN OBSERVASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(SESUAI STANDAR PROSES)

Nama Guru yang diamati        :   …………………………………………………
Sekolah                                   :  ………………………………………………..
Kelas/Semester                     : 
Tanggal Pengamatan                              :  ………………………………………………..
Tema                                       :  ……………………………………………………......

Petunjuk:
Berikut ini disajikan poin-poin berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran. Berilah tanggapan sesuai dengan apa yang Anda amati, dengan member tanda cek (√) pada kolom pilihan.
Ketentuan (√) adalah sebagai berikut:
                5 : dilakukan dengan sangat baik
                4 : dilakukan dengan baik
                3 : cukup dilakukan dengan baik
                2 : kurang baik dilakukan
                1 : tidak dilakukan

N0
Komponen (Uraian)
Skor
1
2
3
4
5
A
Kegiatan Pendahuluan
1
Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran





2
Guru melakukan kegiatan appersepsi (mengajikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari)





3
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai





4
Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus





B
Kegiatan  Inti
Eksplorasi
1
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentng topic/tema materi yang akan dipelajari dari berbagai sumber





2
Guru memilih dan menggunakan media dan sumber belajar dengan tepat





3
Guru menggunakan metode dengan tepat (mengacu pada karakteristik materi dan siswa)





4
Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.





5
Guru menfasilitasi terjadinya  interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya





6
Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
7
Memfasilitasi peserta didik  melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan






Elaborasi





1
Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna





2
Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan  baru, baik secara lisan maupun tertulis





3
Guru memberikan kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut






4
Guru memfasilitasi peserta didik  dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
5
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar





6
Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan, baik secara lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok





7
Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok





8
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan





9
Guru memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik






Konfirmasi





1
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik





2
Memberikan latihan pengembangan untuk mengaplikasikan hasil eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi





3
Memberikan konfirmasi terhadap hasil  eksplorasi & elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber





4
Guru  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan





5
Guru berfungsi sebagai nara sumber  dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar





6
Guru membantu menyelesaikan masalah





7
Guru memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi





8
Guru member informasi untuk bereksplorasi lebih jauh





9
Guru  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif





B
Kegiatan  Penutup
1
Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran





2
Memberikan latihan pengembangan untuk mengaplikasikan hasil eksplorasi, elaborasi dam konfirmasi





3
Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram





4
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran





5
Guru memberikan tugas untuk diselesaikan di rumah





6
Guru merencanakan kegiatan tindal lanjut dalam bentuk pembelajaran remedy, program pengayaan, layanan konseling da/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar peserta didik





7
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya






Komponen Umum





1
Sajian isi materi pembelajaran terorganisasi dengan tepat (mudah ke sulit, sederhana ke kompleks, dsb)





2
Antusias siswa





3
Melaksanakan pembelajaran secara runtut dan/atau mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang direncanakan





4
Penggunaan waktu sesuai yang direncanakan





5
Menggunakan bahasa yang santun, komunikatif, baik dan benar.










Catatan tambahan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………





………………., ………………………… 2010
Pengamat,


(……………………………………………..)
Nip. : ………………………

Pengolahan Hasil Pengamatan
1.         Skor Indikator keberhasilan
Keberhasilan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di skor berdasarkan pertimbangan kualitas proses dan hasil yang diklasifikasikan sebagai berikut:
a.        Skor tiap aspek: merupakan jumlah skor dari komponen

Jumlah skor komponen yang diperoleh
b.        Kinerja komponen aspek  =
Jumlah skor maksimum setiap komponen

c.        Skor Total: merupakan jumlah skor semua komponen (jumlah skor total = 200)

2.       Nilai Kinerja
a.        AMAT BAIK          =  skor 162 – 200
b.        BAIK                   =  skor  132 – 160
c.        CUKUP                =  skor  112 – 130
d.        KURANG              =  skor   ≤ 112

3.       Perhitungan Nilai
Klasifikasi nilai kinerja diberikan pada komponen dan Grand Summary (Umum) dengan criteria sebagai berikut:

a.        AMAT BAIK          = 81 – 100 %
b.        BAIK                   = 66 –   80 %
c.        CUKUP                = 56 –   65 %
d.        KURANG              =        ≤ 56

Tidak ada komentar:

Posting Komentar