Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
.a. Pengertian.
Pendidikan
berbasis keunggulan lokal dan global adalahpendidikan yang memanfaatkan
keunggulan lokal dankebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya,bahasa,
teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain, yang semuanya
bermanfaat bagi pengembangankompetensi peserta didik.Pendidikan berbasis
keunggulan lokal dan global dapatmerupakan bagian dari semua mata pelajaran dan
juga dapatmenjadi mata pelajaran muatan lokal.Pendidikan berbasis keunggulan
lokal dapat diperolehpeserta didik dari satuan pendidikan formal lain dan /
nonformalyang sudah memperoleh akreditasi serta dari masyarakatlingkungan
sekitar sebagai sumber daya potensial yang perludikembangkan dan dilestarikan
keberadaannya, sehingga akanterwujud ciri khas lingkungan dan / sekolah di
sekitarnya.
b. Tujuan.
Secara umum
Pendidikan Berbasis Keinggulan lokaldan Global bertujuan memfungsikan Satuan
Pendidikan sesuaidengan fitrahnya dan dalam hubungannya dengan
lingkungansekitar, yaitu mengembangkan potensi peserta didik dalammenghadapi
perannya di masa mendatang sesuai dengankebutuhan masyarakat lingkungan
sekitar.Secara khusus bertujuan untuk:1. Mengembangkan potensi peserta didik
sehingga dapatdigunakan untuk memecahkan problema yang dihadapi,khususnya
masalah karir
5. Memberikan wawasan yang luas mengenaipengembangan karir peserta
didik3. Memberikan bekal dengan latihan tentang nilai-nilaiketerampilan dasar
yang berkaitan dengan kehidupansehari-hari4. Memberikan kesempatan kepada
sekolah untukmengembangkan pembelajaran yang fleksibel dankontekstual5.
Mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya dilingkungan sekolah dan lingkungan
sekitar, denganmemberi peluang pemanfaatan sumberdaya yang ada dimasyarakat
sesuai prinsip MBS.6. Mengembangkan dan melestarikan sumberdayalingkungan
sekitar sebagai ciri khas lingkungan.
c. Pendidikan berbasis
Unggulan Lokal dan Global di SDNegeri ………..
1. Pendidikan berbasis
keunggulan lokal.SD Negeri ………… berlokasi di wilayahKelurahan Muarareja. Di
kelurahan ini memilikikekhasan sebagai daerah nelayan, maka untukmenyikapi
tantangan yang dihadapi saat ini sertamelestarikan keunggulan Kelurahan
Muarareja, pesertadidik dituntut memiliki kemampuan pendidikanberwawasan lokal
diantaranya :a). Bidang industri ( ikan asin, terasi, kerupuk, ikan
pilet,pembuatan jaring, dan miniatur kapal ) yang menjadiciri khas Kelurahan
Muarareja. Adapun pelaksa-naannya diintegrasikan ke dalam Mata PelajaranSeni
Budaya dan Keterampilan ( SBK ) denganalokasi waktu 1 jam pelajaran untuk kelas
I, II, danIII, serta 2 jam pelajaran untuk kelas IV, V, dan VI
b). Seni Rebana
yang sering digunakan untukmengiringi acara Sedekah Laut dilatihkan
kepadapeserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler.c). Kelurahan Muarareja yang
sedang menuju sebagaikelurahan religius, maka peserta didik diwajibkanmampu
membaca dan menulis Al Qur’an. Adapunpelaksanaannya diintegrasikan ke dalam
MataPelajaran Pendidikan Agama Islam ( BTQ ) KelasI s.d. VI.2. Pendidikan berbasis
keunggulan global.Menyikapi tantangan era globalisasi yang semakinbesar, arus
informasi semakin cepat, dan persaingansemakin kuat, maka dipersiapkan sejak
dini berbagaikegiatan yang menunjang di antaranya :
Pembelajaran
Bahasa Inggris sebagai bahasainternasional lebih ditingkatkan.
Mengembangkan
pengetahuan dan kemampuantentang kemajuan teknologi informatika
melaluiinternet.
Peningkatan
pemahaman isi Al Qur’an untukmengatasi dampak negatif dari era
globalisasi.Pelaksanaannya diintegrasikan ke dalam Mata Pelajar-an Muatan Lokal
Bahasa Inggris, Komputer, dan BTQdan diberikan sejak kelas I – VI masing-masing
2 jampelajaran perminggu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar