Kamis, 15 Desember 2011

Pendidikan Berbasis Unggulan Lokal

Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
.a. Pengertian.
Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalahpendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dankebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya,bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain, yang semuanya bermanfaat bagi pengembangankompetensi peserta didik.Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dapatmerupakan bagian dari semua mata pelajaran dan juga dapatmenjadi mata pelajaran muatan lokal.Pendidikan berbasis keunggulan lokal dapat diperolehpeserta didik dari satuan pendidikan formal lain dan / nonformalyang sudah memperoleh akreditasi serta dari masyarakatlingkungan sekitar sebagai sumber daya potensial yang perludikembangkan dan dilestarikan keberadaannya, sehingga akanterwujud ciri khas lingkungan dan / sekolah di sekitarnya.
b. Tujuan.
Secara umum Pendidikan Berbasis Keinggulan lokaldan Global bertujuan memfungsikan Satuan Pendidikan sesuaidengan fitrahnya dan dalam hubungannya dengan lingkungansekitar, yaitu mengembangkan potensi peserta didik dalammenghadapi perannya di masa mendatang sesuai dengankebutuhan masyarakat lingkungan sekitar.Secara khusus bertujuan untuk:1. Mengembangkan potensi peserta didik sehingga dapatdigunakan untuk memecahkan problema yang dihadapi,khususnya masalah karir
 
 5. Memberikan wawasan yang luas mengenaipengembangan karir peserta didik3. Memberikan bekal dengan latihan tentang nilai-nilaiketerampilan dasar yang berkaitan dengan kehidupansehari-hari4. Memberikan kesempatan kepada sekolah untukmengembangkan pembelajaran yang fleksibel dankontekstual5. Mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya dilingkungan sekolah dan lingkungan sekitar, denganmemberi peluang pemanfaatan sumberdaya yang ada dimasyarakat sesuai prinsip MBS.6. Mengembangkan dan melestarikan sumberdayalingkungan sekitar sebagai ciri khas lingkungan.
c. Pendidikan berbasis Unggulan Lokal dan Global di SDNegeri ………..
1. Pendidikan berbasis keunggulan lokal.SD Negeri ………… berlokasi di wilayahKelurahan Muarareja. Di kelurahan ini memilikikekhasan sebagai daerah nelayan, maka untukmenyikapi tantangan yang dihadapi saat ini sertamelestarikan keunggulan Kelurahan Muarareja, pesertadidik dituntut memiliki kemampuan pendidikanberwawasan lokal diantaranya :a). Bidang industri ( ikan asin, terasi, kerupuk, ikan pilet,pembuatan jaring, dan miniatur kapal ) yang menjadiciri khas Kelurahan Muarareja. Adapun pelaksa-naannya diintegrasikan ke dalam Mata PelajaranSeni Budaya dan Keterampilan ( SBK ) denganalokasi waktu 1 jam pelajaran untuk kelas I, II, danIII, serta 2 jam pelajaran untuk kelas IV, V, dan VI
 
b). Seni Rebana yang sering digunakan untukmengiringi acara Sedekah Laut dilatihkan kepadapeserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler.c). Kelurahan Muarareja yang sedang menuju sebagaikelurahan religius, maka peserta didik diwajibkanmampu membaca dan menulis Al Qur’an. Adapunpelaksanaannya diintegrasikan ke dalam MataPelajaran Pendidikan Agama Islam ( BTQ ) KelasI s.d. VI.2. Pendidikan berbasis keunggulan global.Menyikapi tantangan era globalisasi yang semakinbesar, arus informasi semakin cepat, dan persaingansemakin kuat, maka dipersiapkan sejak dini berbagaikegiatan yang menunjang di antaranya :

Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasainternasional lebih ditingkatkan.

Mengembangkan pengetahuan dan kemampuantentang kemajuan teknologi informatika melaluiinternet.

Peningkatan pemahaman isi Al Qur’an untukmengatasi dampak negatif dari era globalisasi.Pelaksanaannya diintegrasikan ke dalam Mata Pelajar-an Muatan Lokal Bahasa Inggris, Komputer, dan BTQdan diberikan sejak kelas I – VI masing-masing 2 jampelajaran perminggu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar