1.
Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia
Berdasarkan
Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2010 tentang per-cepatan pembangunan
nasional, sub poin reformasi bidang pendidikan, maka mulai Tahun Pelajaran
2011/2012 ini SDN 010 SIKIJANG melaksanakan Pendidikan Karakter Bangsa
Indonesia (Pendikar). Untuk lebih jelasnya, berikut ini dijelaskan nilai-nilai
yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui pendikar tersebut.
NILAI-NILAI KARAKTER
BANGSA YANG DIKEMBANGKAN
DI SD NEGERI 010 SIKIJANG TAHUN PELAJARAN
2011/2012
No.
|
Nilai Karakter yang
Dikembangkan
|
Strategi
Pelaksanaan
|
1
|
Religius
|
·
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran.
|
·
Membaca Yassin/Ayat-Ayat Alquran setiap Jumat pagi dan
mendengar ceramah agama Islam.
|
||
·
Mengumpulkan infaq.
|
||
·
Melaksaksanakan salat zuhur berjama’ah bergiliran.
|
||
·
Penampilan da’i cilik (mubaligh kecil binaan sekolah).
|
||
·
Membudayakan mengucapkan salam dan menjawab salam di
lingkungan sekolah.
|
||
2
|
Jujur
|
·
Menyediakan tempat temuan barang hilang.
|
·
Transparansi penggunaan dan laporan keuangan sekolah.
|
||
·
Melaporkan temuan barang hilang.
|
||
·
Mematuhi tata tertib sekolah.
|
||
3
|
Toleransi
|
·
Menghargai dan memberikan perlakuan yang sama terhadap
seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status
sosial, status ekonomi, dan kemampuan khas.
|
·
Memberikan maaf atas kesalahan dalam batas tertentu.
|
||
·
Memberikan kesempatan beribadah kepada penganut agama
lain.
|
||
·
Mengunjungi setiap teman yang sakit/tertimpa musibah.
|
||
·
Membantu teman yang lupa membawa uang jajan atau
meminjamkan alat tulis.
|
||
4
|
Kedisiplinan
|
·
Pukul 06.50 semua siswa harus sudah berada di sekolah
dengan toleransi keterlambatan 10 menit.
|
No.
|
Nilai Karakter yang
Dikembangkan
|
Strategi
Pelaksanaan
|
·
Berpakaian seragam sesuai ketentuan.
|
||
·
Tepat waktu dalam pelaksanakan piket, upacara bendera,
dan eekstrakurikuler.
|
||
·
Menyampaikan permintaan izin tertulis/keterangan dokter
bila sakit.
|
||
·
Bila datang terlambat wajib lapor pada guru piket.
|
||
5
|
Kerja
Keras
|
·
Menciptakan kondisi etos kerja, pantang menyerah dan
daya tahan belajar.
|
·
Belajar sungguh-sungguh untuk memperoleh nilai yang
memuaskan.
|
||
·
Menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.
|
||
6
|
Kreatif
|
·
Pemberian tugas yang menantang munculnya karya-karya
baru yang autentik maupun modifikasi.
|
·
Memberi tugas membuat bermacam-macam bentuk karya dari
barang bekas.
|
||
7
|
Mandiri
|
·
Menciptakan situasi sekolah yang membangun kemandirian
peserta didik.
|
·
Memberikan tugas kepada peserta didik secara individu
yang harus diselesaikan tepat waktu.
|
||
8
|
Demokratis
|
·
Pemilihan kepengurusan OSIS secara terbuka.
|
·
Melakukan pemilihan struktur organisasi kelas secara
terbuka.
|
||
·
Menghargai perbedaan pendapat dalam bermusyawarah.
|
||
·
Mengembangkan metode diskusi dalam penyelesaian tugas
secara berkelompok.
|
||
9
|
Rasa
Ingin Tahu
|
·
Eksplorasi potensi lingkungan secara terprogram.
|
·
Mencari informasi dengan membawa peserta didik ke
perpustakaan.
|
||
·
Memberi tugas melalui pengamatan, pembuktian dan
kesimpulan.
|
||
10
|
Semangat
|
·
Pelaksanaan upacara bendera.
|
Kebangsaan
|
·
Menyanyikan lagu-lagu nasional.
|
|
·
Mengenal tokoh-tokoh nasional.
|
||
·
Membudayakan sikap menghargai dan meniru perjuangan
tokoh-tokoh nasional.
|
||
·
Memperingati hari-hari besar nasional.
|
||
11
|
Cinta
Tanah Air
|
·
Memakai seragam baju Melayu/Nasional.
|
·
Mengikuti upacara dengan hikmat.
|
||
·
Menjaga lingkungan sekolah (Kebersihan sekolah).
|
||
·
Melestarikan budaya nasional.
|
No.
|
Nilai Karakter yang
Dikembangkan
|
Strategi
Pelaksanaan
|
12
|
Menghargai
Prestasi
|
·
Selalu memberikan ucapan dan penghargaan kepada
prestasi yang diraih oleh guru dan peserta didik.
|
·
Memberi hadiah kepada guru dan siswa yang berprestasi.
|
||
·
Memajangkan piala/piagam yang diperoleh siswa.
|
||
·
Melaksanakan program lomba antar siswa seperti lomba
kebersihan dan cerdas cermat.
|
||
13
|
Bersahabat/Komunikatif
|
·
Membudayakan pengembangan 5 S
(salam, senyum, sapa, sopan dan santun)
|
·
Melihat/mengunjungi teman yang sakit.
|
||
·
Menyantuni warga sekolah yang ditimpa musibah.
|
||
·
Suka memberi salam dan enjawab salam.
|
||
·
Melaporkan tugas yang diberikan guru.
|
||
14
|
Cinta
Damai
|
·
Menjaga keamanan kelas dan sekolah.
|
·
Berteman tanpa membedakan ras.
|
||
·
Memberi maaf kesalahan teman.
|
||
15
|
Gemar
Membaca
|
·
Program wajib baca.
|
·
Mengajak peserta didik mengunjungi pustaka.
|
||
·
Mendirikan pustaka mini di dalam kelas.
|
||
·
Mengajak anak membaca diluar jam belajar.
|
||
16
|
Peduli
Lingkungan
|
·
Tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci
tangan.
|
·
Menanam pohon.
|
||
·
Mengolah sampah menjadi pupuk kompos.
|
||
·
Mendaur ulang sampah an organik.
|
||
17
|
Peduli
Sosial
|
·
Menyediakan fasilitas untuk menyumbang.
|
·
Menggalang dana untuk korban bencana alam.
|
||
·
Menggalang dana untuk korban kebakaran.
|
||
·
Mengumpulkan dana untuk teman sakit.
|
||
·
Memberikan infaq untuk siswa miskin dan yatim.
|
||
18
|
Tanggung
Jawab
|
·
Membuat laporan setiap kegiatan yang dilakukan dalam
bentuk lisan maupun tertulis.
|
·
Membersihkan kelas dan menyiram tanaman.
|
||
·
Mengembalikan buku yang sudah dipinjam di perpustakaan.
|
||
·
Menyelesaikan tugas rumah (PR).
|
||
·
Seluruh warga sekolah datang tepat waktu.
|
||
·
Mengganti barang yang rusak/mengembalikan barang yang
dipinjam.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar