Rabu, 14 Desember 2011

Pendikar bangsa Indonesia

1.    Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia

Berdasarkan Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2010 tentang per-cepatan pembangunan nasional, sub poin reformasi bidang pendidikan, maka mulai Tahun Pelajaran 2011/2012 ini SDN 010 SIKIJANG melaksanakan Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia (Pendikar). Untuk lebih jelasnya, berikut ini dijelaskan nilai-nilai yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui pendikar tersebut.
NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA YANG DIKEMBANGKAN
DI SD NEGERI 010 SIKIJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012


No.
Nilai Karakter yang Dikembangkan
Strategi Pelaksanaan
1
Religius
·     Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran.


·     Membaca Yassin/Ayat-Ayat Alquran setiap Jumat pagi dan mendengar ceramah agama Islam.


·     Mengumpulkan infaq.


·     Melaksaksanakan salat zuhur berjama’ah bergiliran.


·     Penampilan da’i cilik (mubaligh kecil binaan sekolah).


·     Membudayakan mengucapkan salam dan menjawab salam di lingkungan sekolah.
2
Jujur
·     Menyediakan tempat temuan barang hilang.


·     Transparansi penggunaan dan laporan keuangan sekolah.


·     Melaporkan temuan barang hilang.


·     Mematuhi tata tertib sekolah.
3
Toleransi
·     Menghargai dan memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi, dan kemampuan khas.


·     Memberikan maaf atas kesalahan dalam batas tertentu.


·     Memberikan kesempatan beribadah kepada penganut agama lain.


·     Mengunjungi setiap teman yang sakit/tertimpa musibah.


·     Membantu teman yang lupa membawa uang jajan atau meminjamkan alat tulis.
4
Kedisiplinan
·     Pukul 06.50 semua siswa harus sudah berada di sekolah dengan toleransi keterlambatan 10 menit.






No.
Nilai Karakter yang Dikembangkan
Strategi Pelaksanaan


·     Berpakaian seragam sesuai ketentuan.


·     Tepat waktu dalam pelaksanakan piket, upacara bendera, dan eekstrakurikuler.


·     Menyampaikan permintaan izin tertulis/keterangan dokter bila sakit.


·     Bila datang terlambat wajib lapor pada guru piket.
5
Kerja Keras
·     Menciptakan kondisi etos kerja, pantang menyerah dan daya tahan belajar.


·     Belajar sungguh-sungguh untuk memperoleh nilai yang memuaskan.


·     Menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.
6
Kreatif
·     Pemberian tugas yang menantang munculnya karya-karya baru yang autentik maupun modifikasi.


·     Memberi tugas membuat bermacam-macam bentuk karya dari barang bekas.
7
Mandiri
·     Menciptakan situasi sekolah yang membangun kemandirian peserta didik.


·     Memberikan tugas kepada peserta didik secara individu yang harus diselesaikan tepat waktu.
8
Demokratis
·     Pemilihan kepengurusan OSIS secara terbuka.


·     Melakukan pemilihan struktur organisasi kelas secara terbuka.


·     Menghargai perbedaan pendapat dalam bermusyawarah.


·     Mengembangkan metode diskusi dalam penyelesaian tugas secara berkelompok.
9
Rasa Ingin Tahu
·     Eksplorasi potensi lingkungan secara terprogram.


·     Mencari informasi dengan membawa peserta didik ke perpustakaan.


·     Memberi tugas melalui pengamatan, pembuktian dan kesimpulan.
10
Semangat
·     Pelaksanaan upacara bendera.

Kebangsaan
·     Menyanyikan lagu-lagu nasional.


·     Mengenal tokoh-tokoh nasional.


·     Membudayakan sikap menghargai dan meniru perjuangan tokoh-tokoh nasional.


·     Memperingati hari-hari besar nasional.
11
Cinta Tanah Air
·     Memakai seragam baju Melayu/Nasional.


·     Mengikuti upacara dengan hikmat.


·     Menjaga lingkungan sekolah (Kebersihan sekolah).


·     Melestarikan budaya nasional.



No.
Nilai Karakter yang Dikembangkan
Strategi Pelaksanaan
12
Menghargai Prestasi
·     Selalu memberikan ucapan dan penghargaan kepada prestasi yang diraih oleh guru dan peserta didik.


·     Memberi hadiah kepada guru dan siswa yang berprestasi.


·     Memajangkan piala/piagam yang diperoleh siswa.


·     Melaksanakan program lomba antar siswa seperti lomba kebersihan dan cerdas cermat.
13
Bersahabat/Komunikatif
·     Membudayakan pengembangan 5 S (salam, senyum, sapa, sopan dan santun)


·     Melihat/mengunjungi teman yang sakit.


·     Menyantuni warga sekolah yang ditimpa musibah.


·     Suka memberi salam dan enjawab salam.


·     Melaporkan tugas yang diberikan guru.
14
Cinta Damai
·     Menjaga keamanan kelas dan sekolah.


·     Berteman tanpa membedakan ras.


·     Memberi maaf kesalahan teman.
15
Gemar Membaca
·     Program wajib baca.


·     Mengajak peserta didik mengunjungi pustaka.


·     Mendirikan pustaka mini di dalam kelas.


·     Mengajak anak membaca diluar jam belajar.
16
Peduli Lingkungan
·     Tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan.


·     Menanam pohon.


·     Mengolah sampah menjadi pupuk kompos.


·     Mendaur ulang sampah an organik.
17
Peduli Sosial
·     Menyediakan fasilitas untuk menyumbang.


·     Menggalang dana untuk korban bencana alam.


·     Menggalang dana untuk korban kebakaran.


·     Mengumpulkan dana untuk teman sakit.


·     Memberikan infaq untuk siswa miskin dan yatim.
18
Tanggung Jawab
·     Membuat laporan setiap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis.


·     Membersihkan kelas dan menyiram tanaman.


·     Mengembalikan buku yang sudah dipinjam di perpustakaan.


·     Menyelesaikan tugas rumah (PR).


·     Seluruh warga sekolah datang tepat waktu.


·     Mengganti barang yang rusak/mengembalikan barang yang dipinjam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar