Sabtu, 17 Desember 2011

Pemetaan SK dan KD IPA Kelas IV Semester I


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Nama Sekolah           : ................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
            Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya


o  Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.



            Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh





o  Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
o  Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka




            Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya



o  Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o  Menjelaskan kegunaan alat indera




            Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera




o  Memberi contoh cara  merawat alat indera.
o  Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.


JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI  ........



(...............................................)
 NIP:

............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )



(...............................................)
      NIP:

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Nama Sekolah           : ...............

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
2.1  Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya

o  Mengidentifikasi bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.


2.2  Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya


o  Mengidentifikasi bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.



2.3  Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya


o  Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri


2.4  Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya


o  Mengidentifikasi bagian bunga, buah dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.


JUMLAH





Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI  ........



(...............................................)
 NIP:

............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )



(...............................................)
      NIP:

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Nama Sekolah           : ........................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya

3.1  Mengidentifika-si jenis maka-nan hewan



o  Mengidentifikasi jenis makanan hewan.





3.2  Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya



o  Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).



JUMLAH






Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI  ........



(...............................................)
 NIP:

............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )



(...............................................)
      NIP:

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Nama Sekolah             : ...................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
4.1  Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupukupu, kucing.



o  Mendeskripsikan urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana.
o  Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama.
o  Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan.





4.2  Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan



o  Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan
o  Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.



JUMLAH








Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI  ........



(...............................................)
 NIP:

............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )



(...............................................)
      NIP:




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Nama Sekolah           : ........................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu

5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan Lingkungannya

5.1  Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)



o  Mengidentifikasi hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis)
o  Mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan antarmakhluk hidup.
o  Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup melalui rantai makanan sederhana





5.2  Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya



o  Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.
o  Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah, misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan pohon.



JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI  ........



(...............................................)
 NIP:

............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )



(...............................................)
      NIP:




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Nama Sekolah           : ....................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu

6. Memahami beragam sifat dan perubahan  wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya


6.1  Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu




o  Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas.
o  Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain




6.2  Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair ® padat ® cair; cair ® gas ® cair; padat ® gas.




o  Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
o  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda beserta contohnya





6.3  Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya



o  Mengidentifikasi kesesuaian sifat bahan dengan kegunaannya.
o  Membandingkan berbagai bahan untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk tujuan tertentu.
o  Mengidentifikasi berbagai alat rumah tangga yang dikaitkan dengan sifat bahan dan kegunaannya.


JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI  ........



(...............................................)
 NIP:

............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )



(...............................................)
      NIP:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar