PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Nama Sekolah :
................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
1.
Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta
pemeliharaannya
|
Mendeskripsikan hubungan antara
struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
|
|
o Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
|
|
|
Menerapkan cara memelihara
kesehatan kerangka tubuh
|
|
o Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
o Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi
pada rangka
|
|
|
Mendeskripsikan hubungan antara
struktur panca indera dengan fungsinya
|
|
o Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o Menjelaskan kegunaan alat indera
|
|
|
Menerapkan cara memelihara
kesehatan panca Indera
|
|
o Memberi contoh cara merawat
alat indera.
o Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh
kebiasaan buruk.
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ........
(...............................................)
NIP:
|
|
............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )
(...............................................)
NIP:
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Nama Sekolah :
...............
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan
dengan fungsinya
|
2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
|
|
o Mengidentifikasi bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu
sendiri.
|
|
|
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
|
|
o Mengidentifikasi bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan
itu sendiri.
|
|
|
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
|
|
o Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu
sendiri
|
|
|
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
|
|
o Mengidentifikasi bagian bunga, buah dan fungsinya bagi tumbuhan itu
sendiri.
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ........
(...............................................)
NIP:
|
|
............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )
(...............................................)
NIP:
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Nama Sekolah :
........................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
3. Menggolongkan hewan,
berdasarkan jenis makanannya
|
3.1
Mengidentifika-si jenis maka-nan
hewan
|
|
o
Mengidentifikasi
jenis makanan hewan.
|
|
|
3.2
Menggolongkan hewan berdasarkan
jenis makanannya
|
|
o
Menggolongkan
hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging
(karnivora), dan pemakan segala (omnivora).
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ........
(...............................................)
NIP:
|
|
............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )
(...............................................)
NIP:
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Nama Sekolah : ...................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
4. Memahami daur hidup beragam
jenis makhluk hidup
|
4.1
Mendeskripsikan daur hidup
beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupukupu,
kucing.
|
|
o Mendeskripsikan urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana.
o Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah
bentuk dengan cara yang sama.
o Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya
pertumbuhan.
|
|
|
4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing,
ayam, ikan
|
|
o Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan
o Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ........
(...............................................)
NIP:
|
|
............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )
(...............................................)
NIP:
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Nama Sekolah : ........................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
5. Memahami hubungan sesama
makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan Lingkungannya
|
5.1
Mengidentifikasi beberapa jenis
hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk
hidup (rantai makanan)
|
|
o Mengidentifikasi hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis)
o Mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan
antarmakhluk hidup.
o Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup melalui
rantai makanan sederhana
|
|
|
5.2
Mendeskripsikan hubungan antara
makhluk hidup dengan lingkungannya
|
|
o Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan
tumbuhan di lingkungan sekitar.
o Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah,
misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan
pohon.
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ........
(...............................................)
NIP:
|
|
............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )
(...............................................)
NIP:
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
(SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Nama Sekolah :
....................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan
benda berdasarkan sifatnya
|
6.1
Mengidentifikasi wujud benda
padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
|
|
o Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas.
o Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain
|
|
|
6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair ® padat ® cair; cair ® gas ® cair; padat ® gas.
|
|
o Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud
semula.
o Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda beserta
contohnya
|
|
|
6.3
Menjelaskan hubungan antara
sifat bahan dengan kegunaannya
|
|
o Mengidentifikasi kesesuaian sifat bahan dengan kegunaannya.
o Membandingkan berbagai bahan untuk menentukan bahan yang paling cocok
untuk tujuan tertentu.
o Mengidentifikasi berbagai alat rumah tangga yang dikaitkan dengan
sifat bahan dan kegunaannya.
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ........
(...............................................)
NIP:
|
|
............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )
(...............................................)
NIP:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar