Sabtu, 17 Desember 2011

Silabus IPA Kelas IV


SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                       : ...................... ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : IV / SD-MI

1.    Semester                                         : 1 (satu)

Standar Kompetensi             : 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1     Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupukupu, kucing.



Daur Hidup Hewan
A.   Daur Hidup Tanpa Metamorfosis
o Daur Hidup Ayam (hlm.65)
o Daur Hidup Kucing (hlm.66)
o Daur Hidup Kanguru (hlm.66)

B.   Daur Hidup dengan Metamorfosis
o Daur Hidup Kupu-Kupu (hlm.68)
o Daur Hidup Nyamuk (hlm.70)
o Daur Hidup Lalat (hlm.70)
o Daur Hidup Kecoa (hlm.71)
o Daur Hidup Katak (hlm.70)

o  Menjelaskan daur hidup hewan.
-   Daur Hidup Ayam
-   Daur Hidup Kucing
-   Daur Hidup Kanguru
-   Daur Hidup Kupu-Kupu
-   Daur Hidup Nyamuk
-   Daur Hidup Lalat
-   Daur Hidup Kecoa
-   Daur Hidup Katak



o  Mendeskripsikan urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana.
o  Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama.
o  Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan.


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif




Tugas 4.1
Hlm.68






Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
-   



4.2     Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan


C.   Memelihara Hewan Peliharaan (hlm.72)
o Memberi makan yang sehat
o Menjaga kebersihan tubuh hewan
o Membuat kandang hewan


o  Mampu memelihara hewan peliharaan


o  Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan
o  Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan

Uraian Objektif


Uji Kompetensi
Hlm.75

Lat Ulangan
hlm.77




Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)








SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                       : ...................... ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : IV / SD-MI

2.    Semester                                         : 1 (satu)

Standar Kompetensi             : 5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan Lingkungannya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1     Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)


Makhluk Hidup dan Lingkungannya

A.   Hubungan antar makhluk hidup
o Simbiosis mutualisme (hlm.83)
o Simbiosis komensalisme (hlm.84)
o Simbiosis parasitisme (hlm.85)

C.   Rantai makanan


o  Menyebutkan contoh simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme

o  Mampu mengambarkan rantai makanan di sawah, di kebun dan di laut



o  Mengidentifikasi hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis)
o  Mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan antarmakhluk hidup.
o  Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup melalui rantai makanan sederhana


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif








Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
-   



5.2     Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya


Makhluk Hidup dan Lingkungannya

B.   Hubungan makhluk hidup dalam ekosistem
o Ekosistem hutan (hlm.86)
o Ekosistem sawah (hlm.87)
o Ekosistem kolam hias (hlm.88)
o Ekosistem kebun (hlm.89)

D.   Pengaruh perubahan lingkungan
o Pencemaran
o Penebangan dan kebakaran hutan


o  Melakukan tugas 5.1 s.d  5.6

o  Mengamati anggota ekosistem kebun , kolam hias, sawah dan hutan

o  Mengamati dan memahami bahwa pencemaran, penebangan dan kebakaran hutan merusak kelestarian lingkungan.

o  Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.

o  Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah, misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan pohon.


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan

Uraian Objektif


Tugas 5.1
hlm.87

Tugas 5.2
hlm.88

Tugas 5.3
hlm.89

Tugas 5.4
hlm.90

Tugas 5.5
hlm.92

Tugas 5.6
hlm.95

Uji Kompetensi
Hlm.96

Lat Ulangan
hlm.97



Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas IV
Alat:
-  Ikan
-  Kertas


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)






SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                       : ...................... ......................

Mata Pelajaran                      : IPA

Kelas/Program                       : IV / SD-MI

3.    Semester                         : 1 (satu)

Standar Kompetensi             : 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1     Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu



Benda

A.      Sifat berbagai wujud benda
o Sifat benda padat (hlm.104)
o Sifat benda cair (hlm.106)
o Sifat benda gas (hlm.110)

B.   Benda dapat melarutkan benda lain (hlm.112)





o  Melakukan kegiatan 6.1 s.d 6.8

o  Menarik kesimpulan tentang sifat benda padat, cair dan gas berdasarkan kegiatan 6.1 s.d 6.8

o  Menarik kesimpulan bahawa benda padat ada yang dapat larut pada benda cair, berdasarkan kegiatan 6.9





o  Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas.

o  Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain

Tugas Individu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif




Kegiatan 6.1
hlm.104

Kegiatan 6.2
hlm. 105

Kegiatan 6.3
hlm. 106

Kegiatan 6.4
hlm.106

Kegiatan 6.5
hlm.107

Kegiatan 6.6
hlm.108

Kegiatan 6.7
hlm.110

Kegiatan 6.8
hlm.111

Kegiatan 6.9
hlm.112


Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
-  Pensil, penghapus pensil, plastisin, kotak pensil dan rautan
-  Air, botol plastik bening, gelas bening, penghapus pensil, karton tebal, paku
-  Baskom, balon karet, kantong plastik
-  sendok, gula pasir, garam, kacang hijau, kelereng


6.2     Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair ® padat ® cair; cair ® gas ® cair; padat ® gas.



C.   Perubahan wujud benda
o Padat → cair
o Cair → padat
o Cair → gas
o Gas → cair
o Padat → gas



o  Melakukan kegiatan 6.10



o  Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.

o  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda beserta contohnya


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan

Uraian Objektif


Kegiatan 6.10
hlm.114




Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
-  Plastik, rantang, panci besar, air, garam dapur, bongkahan es


6.3     Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya


D.   Sifat bahan dan kegunaanya (hlm.116)

E.    Benda di buat dari berbagai bahan


o  Melakukan kegiatan 6.11 dan 6.12

o  Memberikan kesimpulan dari kegiatan bahwa penggunaan bahan yang sesuai dengan sifat bahan itu akan bermanfaat

o  Menarik kesimpulan bahwa perpaduan berbagai bahan dapat menghasilkan benda yang sangat berguna.


o  Mengidentifikasi kesesuaian sifat bahan dengan kegunaannya.

o  Membandingkan berbagai bahan untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk tujuan tertentu.

o  Mengidentifikasi berbagai alat rumah tangga yang dikaitkan dengan sifat bahan dan kegunaannya.




Kegiatan 6.11
hlm.116

Kegiatan 6.12
Hlm.118

Tugas 6.1
Hlm.122

Uji Kompetensi
Hlm 124

Lat Ulangan
hlm.126


Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
Plastik,
handuk kecil, sendok logam, air, lilin, korek, berbagai jenis kertas, tiang, benang, klip kertas
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)



Mengetahui,
Kepala Sekolah ..........................



( .............................................. )
NIP/NIK : ..............................

..........................................  20 .....
Guru Mapel IPA ( SAINS )



( .............................................. )
NIP/NIK : ..............................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar