SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
1. Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 4. Memahami daur
hidup beragam jenis makhluk hidup
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1
Mendeskripsikan
daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk,
kupukupu, kucing.
|
Daur Hidup Hewan
A. Daur Hidup Tanpa Metamorfosis
o
Daur Hidup Ayam
(hlm.65)
o
Daur Hidup
Kucing (hlm.66)
o
Daur Hidup
Kanguru (hlm.66)
B. Daur Hidup dengan Metamorfosis
o
Daur Hidup
Kupu-Kupu (hlm.68)
o
Daur Hidup
Nyamuk (hlm.70)
o
Daur Hidup Lalat
(hlm.70)
o
Daur Hidup Kecoa
(hlm.71)
o
Daur Hidup Katak
(hlm.70)
|
o
Menjelaskan daur
hidup hewan.
-
Daur Hidup Ayam
-
Daur Hidup
Kucing
-
Daur Hidup
Kanguru
-
Daur Hidup
Kupu-Kupu
-
Daur Hidup
Nyamuk
-
Daur Hidup Lalat
-
Daur Hidup Kecoa
-
Daur Hidup Katak
|
o Mendeskripsikan urutan daur hidup beberapa hewan
secara sederhana.
o Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua
hewan berubah bentuk dengan cara yang sama.
o Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan
menunjukkan adanya pertumbuhan.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
Tugas 4.1
Hlm.68
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
-
|
4.2
Menunjukkan
kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan
|
C. Memelihara Hewan Peliharaan (hlm.72)
o
Memberi makan
yang sehat
o
Menjaga
kebersihan tubuh hewan
o
Membuat kandang
hewan
|
o
Mampu memelihara
hewan peliharaan
|
o Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan
peliharaan
o Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan
peliharaan.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Uji Kompetensi
Hlm.75
Lat Ulangan
hlm.77
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
2. Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 5. Memahami
hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan Lingkungannya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1
Mengidentifikasi
beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan”
antar makhluk hidup (rantai makanan)
|
Makhluk Hidup dan
Lingkungannya
A. Hubungan antar makhluk hidup
o
Simbiosis
mutualisme (hlm.83)
o
Simbiosis
komensalisme (hlm.84)
o
Simbiosis
parasitisme (hlm.85)
C. Rantai makanan
|
o
Menyebutkan
contoh simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme
o
Mampu
mengambarkan rantai makanan di sawah, di kebun dan di laut
|
o Mengidentifikasi hubungan khas antarmakhluk hidup
(simbiosis)
o Mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi
akibat hubungan antarmakhluk hidup.
o Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk
hidup melalui rantai makanan sederhana
|
Tugas
Individu dan Kelompok
|
Laporan
dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
-
|
5.2
Mendeskripsikan
hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
|
Makhluk Hidup dan
Lingkungannya
B. Hubungan makhluk hidup dalam ekosistem
o
Ekosistem hutan
(hlm.86)
o
Ekosistem sawah
(hlm.87)
o
Ekosistem kolam
hias (hlm.88)
o
Ekosistem kebun
(hlm.89)
D. Pengaruh perubahan lingkungan
o
Pencemaran
o
Penebangan dan
kebakaran hutan
|
o
Melakukan tugas
5.1 s.d 5.6
o
Mengamati
anggota ekosistem kebun , kolam hias, sawah dan hutan
o
Mengamati dan
memahami bahwa pencemaran, penebangan dan kebakaran hutan merusak kelestarian
lingkungan.
|
o Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara
hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.
o Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan
berubah, misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan
penebangan pohon.
|
Tugas
Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian
Objektif
|
Tugas
5.1
hlm.87
Tugas
5.2
hlm.88
Tugas
5.3
hlm.89
Tugas
5.4
hlm.90
Tugas
5.5
hlm.92
Tugas
5.6
hlm.95
Uji
Kompetensi
Hlm.96
Lat
Ulangan
hlm.97
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
- Ikan
- Kertas
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ......................
......................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
3. Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 6. Memahami
beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda
berdasarkan sifatnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1
Mengidentifikasi
wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
|
Benda
A. Sifat berbagai wujud benda
o
Sifat benda
padat (hlm.104)
o
Sifat benda cair
(hlm.106)
o
Sifat benda gas
(hlm.110)
B. Benda dapat melarutkan benda lain (hlm.112)
|
o
Melakukan
kegiatan 6.1 s.d 6.8
o
Menarik
kesimpulan tentang sifat benda padat, cair dan gas berdasarkan kegiatan 6.1
s.d 6.8
o
Menarik
kesimpulan bahawa benda padat ada yang dapat larut pada benda cair,
berdasarkan kegiatan 6.9
|
o Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat, cair dan
gas.
o Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain
|
Tugas
Individu dan Kelompok
|
Laporan
dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
Kegiatan
6.1
hlm.104
Kegiatan
6.2
hlm.
105
Kegiatan
6.3
hlm.
106
Kegiatan
6.4
hlm.106
Kegiatan
6.5
hlm.107
Kegiatan
6.6
hlm.108
Kegiatan
6.7
hlm.110
Kegiatan
6.8
hlm.111
Kegiatan
6.9
hlm.112
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
- Pensil, penghapus pensil, plastisin, kotak
pensil dan rautan
- Air, botol plastik bening, gelas bening,
penghapus pensil, karton tebal, paku
- Baskom, balon karet, kantong plastik
- sendok, gula pasir, garam, kacang hijau,
kelereng
|
6.2
Mendeskripsikan
terjadinya perubahan wujud cair ® padat ® cair; cair ® gas ® cair; padat ® gas.
|
C. Perubahan wujud benda
o
Padat → cair
o
Cair → padat
o
Cair → gas
o
Gas → cair
o
Padat → gas
|
o
Melakukan
kegiatan 6.10
|
o Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat
kembali ke wujud semula.
o Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud
benda beserta contohnya
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Kegiatan 6.10
hlm.114
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
- Plastik, rantang, panci besar, air, garam
dapur, bongkahan es
|
6.3
Menjelaskan
hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya
|
D. Sifat bahan dan kegunaanya (hlm.116)
E. Benda di buat dari berbagai bahan
|
o
Melakukan
kegiatan 6.11 dan 6.12
o
Memberikan
kesimpulan dari kegiatan bahwa penggunaan bahan yang sesuai dengan sifat
bahan itu akan bermanfaat
o
Menarik
kesimpulan bahwa perpaduan berbagai bahan dapat menghasilkan benda yang
sangat berguna.
|
o Mengidentifikasi kesesuaian sifat bahan dengan
kegunaannya.
o Membandingkan berbagai bahan untuk menentukan bahan
yang paling cocok untuk tujuan tertentu.
o Mengidentifikasi berbagai alat rumah tangga yang
dikaitkan dengan sifat bahan dan kegunaannya.
|
|
|
Kegiatan 6.11
hlm.116
Kegiatan 6.12
Hlm.118
Tugas 6.1
Hlm.122
Uji Kompetensi
Hlm 124
Lat Ulangan
hlm.126
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
Plastik,
handuk
kecil, sendok logam, air, lilin, korek, berbagai jenis kertas, tiang, benang,
klip kertas
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah ..........................
(
.............................................. )
NIP/NIK :
..............................
|
|
.......................................... 20 .....
Guru Mapel
IPA ( SAINS )
( ..............................................
)
NIP/NIK :
..............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar