Senin, 12 Desember 2011

PROGRAM TAHUNAN TEMATIK KLS 1 SEMESTER 2


PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan  : ...............................
Kelas                         : I
Semester                  : 2
Tahun                       : 20... / 20...

No
Smtr
Tema
St├índar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
AW
1
2
Budi Pekerti 
IPA/ Sains :    
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam   ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya                                          terhadap kegiatan manusia
IPA
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia .




IPS :
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS  :
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah





PKN :
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
PKN :
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat




Matematika :
Mengenal bangun datar sederhana
Matematika :
·         Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·         Mmenyebut-kan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·         Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·         Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.




Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·         Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
Berbicara
·         Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi  secara lisan  dengan gambar, percakapan  sederhana dan  dongeng.
Membaca
·         Memahami  teks pendek dengan membaca lancar  dan  membaca puisi anak.
Menulis
·         Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung  melalui dikte dan menyalin
Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·          Menyebutkan isi    dongeng
Berbicara
·         Menceritakan isi   gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan  intonasi yang tepat.
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.




Seni Budaya dan Keterampilan :
Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari
Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek

2

KELUARGA 
IPS :
Mendeskripsikan lingkungan rumah

IPS  :
Mendeskripsikan letak rumah




IPA/ Sains :    
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam   ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya                                          terhadap kegiatan manusia
IPA :
Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)




PKN :
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
PKN :
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah




Matematika :
Mengenal bangun datar sederhana
Matematika :
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka




Bahasa Indonesia :
Berbicara       :
·         Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·         Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·         Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Bahasa Indonesia :
Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang   sudah dikuasai.
      Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi  yang tepat
     Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung




Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengapresiasi karya seni musik
Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek

3

LINGKUNGAN
IPS :
Mendeskripsikan lingkungan rumah

IPS  :
·       Mendeskripsikan letak rumah





IPA/ Sains :    
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya  dalam kehidupan sehari-hari.

IPA :
Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)




PKN :
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
PKn :
·   Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah





Matematika :
·   Melakukan penjumlahan dan pengurangan   bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah.

Matematika :
·   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka




Bahasa Indonesia :
Berbicara       :
·   Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·   Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·   Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Bahasa Indonesia :
 Mendengarkan
·   Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
·   Menyebutkan isi   dongeng.
Berbicara
·   Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·   Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·   Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.




Seni Budaya dan Keterampilan:
·         Mengapresiasi karya seni musik
Seni Budaya dan Keterampilan :
·   Menampilkan pola irama dan melodi sederhana
·   Memeragakan dinamik sederhana
·   Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi sederhana.

4

KEBERSIHAN
IPS  :
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS  :
·         Menceritakan  kembali peristiwa   penting




IPA :
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

IPA :
·         Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan.
·         Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )




PKN :
Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
PKN :
·         Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah




Matematika :
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan  sampai dengan dua angka dalam  pemecahan masalah
Matematika :
·         Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka




Bahasa Indonesia :      Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Bahasa Indonesia :      Mendengarkan
·         Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
·         Menyebutkan isi   dongeng.
Berbicara
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana..
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung




Seni Budaya dan Keterampilan :
Mengapresiasi karya seni  musik
Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam


5

KESEHATAN
IPS  :
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS  :
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah




IPA :
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya terhadap  kegiatan manusia.

IPA :
·         Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan




PKN :
Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
PKN :
·         Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat





Matematika :
Menggunakan pengukuran berat
Matematika :
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda




Bahasa Indonesia :      Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan      membaca puisi anak.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Bahasa Indonesia :
 Mendengarkan
·         Menyebutkan isi  dongeng.
Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung




Seni Budaya dan Keterampilan :
·     Mengapresiasi karya seni  musik
·     Mengapresiasi karya seni tari
Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
·         Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
·         Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi


6

PERISTIWA
IPS  :
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS  :
·         Menceritakan  kembali peristiwa   penting




IPA :
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
IPA :
·         Membedakan gerak  benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan




PKN :
Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
PKN :
·         Menjelaskan hak  anak untuk    belajadengan gembira dan didengar                 pendapatnya




Matematika :
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam  pemecahan  masalah
Matematika :
·         Membilang  banyak  benda
·         Mengurutkan  banyak  benda




·     Bahasa Indonesia :     
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan      membaca puisi anak.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Bahasa Indonesia :
Bebicara
·         Menceritakan isi      
·         gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengert
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.




Seni Budaya dan Keterampilan :
·     Mengapresiasi karya seni  musik

Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·         Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif.
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel.


7

PERMAINAN
IPS  :
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS  :
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah




IPA :
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
IPA :
·         Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan




PKN :
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
PKN :
·         Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah




Matematika :
Menggunakan pengukuran berat
Matematika :
·         Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan
·         Membandingkan berat benda ( ringan , berat )




·     Bahasa Indonesia :     
Mendengarkan :
Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng                 sekitar dan dongeng
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan      membaca puisi anak.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·         Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung




Seni Budaya dan Keterampilan :
·     Mengapresiasi karya seni  musik
·     Mengapresiasi karya seni tari
Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik, atau sumber bunyi sederhana
·         Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib.
·         Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat





Mengetahui
Kepala Sekolah




……………………

.........., ................ 20...        
Guru Kelas I




………………………..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar