PROGRAM
TAHUNAN
Satuan Pendidikan :
...............................
Kelas : I
Semester : 2
Tahun : 20... / 20...
No
|
Smtr
|
Tema
|
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
AW
|
1
|
2
|
Budi Pekerti
|
IPA/ Sains :
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa
alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia
|
IPA
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan
pada kegiatan manusia .
|
|
|
|
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS
:
·
Menjelaskan
lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
|
|
|
|
PKN :
Menerapkan kewajiban
anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
Melaksanakan
aturan yang berlaku di masyarakat
|
|
|
|
|
Matematika
:
Mengenal bangun datar
sederhana
|
Matematika :
·
Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk
segitiga, segiempat dan lingkaran.
·
Mmenyebut-kan cirri-ciri segitiga, segiempat,
dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·
Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat,
dan lingkaran.
·
Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga,
segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri
lainnya.
|
|
|
|
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Memahami
wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
Berbicara
·
Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi
secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
Membaca
·
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis
permulaan dengan huruf tegak bersambung
melalui dikte dan
menyalin
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Menyebutkan isi dongeng
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti.
·
Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Menyampaikan
rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an
sederhana.
·
Memerankan
tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan
intonasi yang tepat.
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
|
|
|
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
Mengekspresikan diri
melalui karya seni tari
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek
|
|
2
|
|
KELUARGA
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
Mendeskripsikan letak rumah
|
|
|
|
|
IPA/ Sains :
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa
alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia
|
IPA :
Mengidentifikasi penyebab
benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
|
|
|
|
|
PKN :
Menerapkan kewajiban
anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
Mengikuti
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
|
|
|
|
Matematika
:
Mengenal bangun datar
sederhana
|
Matematika :
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
|
|
|
|
|
Bahasa
Indonesia :
Berbicara :
·
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami
teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis :
·
Menulis
permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal atau seri
sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
·
Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang
sudah dikuasai.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4
baris dengan lafal dan intonasi yang
tepat
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin
puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
|
|
|
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengapresiasi
karya seni musik
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek
|
|
3
|
|
LINGKUNGAN
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
·
Mendeskripsikan letak rumah
|
|
|
|
|
IPA/ Sains :
Mengenal berbagai bentuk energi,
manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
IPA :
Mengidentifikasi penyebab
benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
|
|
|
|
|
PKN :
Menerapkan kewajiban
anak di rumah dan di sekolah
|
PKn :
·
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
|
|
|
|
|
Matematika
:
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan
masalah.
|
Matematika :
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
|
|
|
|
|
Bahasa
Indonesia :
Berbicara :
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
· Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis :
· Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
·
Menyebutkan isi dongeng.
Berbicara
·
Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat
yang disukai dengan ekspresi yang
tepat.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
|
|
|
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan:
·
Mengapresiasi
karya seni musik
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Menampilkan pola irama dan melodi sederhana
·
Memeragakan dinamik sederhana
· Mengekspresikan
diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi sederhana.
|
|
4
|
|
KEBERSIHAN
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
·
Menceritakan kembali peristiwa penting
|
|
|
|
|
IPA :
Mengenal
berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
|
IPA :
·
Membedakan
gerak benda yang mudah bergerak dengan
benda yang sulit bergerak
melalui percobaan.
·
Mengidentifikasi
penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
|
|
|
|
|
PKN :
Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
·
Melaksanakan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
|
|
|
|
Matematika :
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai dengan dua angka dalam
pemecahan masalah
|
Matematika :
·
Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
|
|
|
|
|
Bahasa
Indonesia : Mendengarkan :
·
Memahami
bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara :
·
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami
teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis :
·
Menulis
permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia : Mendengarkan
·
Mengulang
deskripsi tentang benda benda di
sekitar.
·
Menyebutkan
isi dongeng.
Berbicara
·
Menyampaikan
rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an
sederhana..
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4
baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin
puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
|
|
|
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
Mengapresiasi
karya seni musik
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengidentifikasi
unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
|
|
5
|
|
KESEHATAN
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
·
Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan
perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
|
|
|
|
IPA :
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
|
IPA :
·
Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
|
|
|
|
|
PKN :
Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
·
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
|
|
|
|
|
Matematika :
Menggunakan
pengukuran berat
|
Matematika :
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
|
|
|
|
|
Bahasa
Indonesia : Mendengarkan :
·
Memahami
bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara :
·
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami
teks pendek dengan membaca
lancar dan membaca puisi anak.
Menulis :
·
Menulis
permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Menyebutkan isi dongeng.
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal atau seri
sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·
Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat
yang disukai dengan ekspresi yang
tepat.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
|
|
|
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengapresiasi
karya seni musik
·
Mengapresiasi
karya seni tari
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
·
Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
·
Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi
|
|
6
|
|
PERISTIWA
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
·
Menceritakan
kembali peristiwa penting
|
|
|
|
|
IPA :
Mengenal
berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA :
·
Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan
|
|
|
|
|
PKN :
Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
·
Menjelaskan hak anak untuk belajadengan gembira dan didengar pendapatnya
|
|
|
|
|
Matematika :
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan
masalah
|
Matematika :
·
Membilang
banyak benda
·
Mengurutkan
banyak benda
|
|
|
|
|
·
Bahasa
Indonesia :
Berbicara :
·
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami
teks pendek dengan membaca
lancar dan membaca puisi anak.
Menulis :
·
Menulis
permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa Indonesia
:
Bebicara
·
Menceritakan isi
·
gambar tunggal atau seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengert
·
Melakukan percakapan sederhana dengan
menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4
baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin
puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
|
|
|
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengapresiasi
karya seni musik
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsure rupa pada benda di
alam sekitar.
·
Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsure
rupa pada benda di alam sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif.
·
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupas
dus dimensi dengan teknik menempel.
|
|
7
|
|
PERMAINAN
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
·
Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku
dalam menjaga kebersihan rumah
|
|
|
|
|
IPA :
Mengenal
berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
|
IPA :
·
Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
|
|
|
|
|
PKN :
Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
·
Mengikuti
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
|
|
|
|
Matematika :
Menggunakan
pengukuran berat
|
Matematika :
·
Menggunakan
sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan
·
Membandingkan
berat benda ( ringan , berat )
|
|
|
|
|
·
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan :
Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng sekitar dan dongeng
Berbicara :
·
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami
teks pendek dengan membaca
lancar dan membaca puisi anak.
Menulis :
·
Menulis
permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal atau seri
sederhana dengan bahasa yang mudah
dimengerti.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang
terdiri atas 3 – 5 kata
dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan
intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin
puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
|
|
|
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengapresiasi
karya seni musik
·
Mengapresiasi karya seni tari
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengekspresikan
diri melalui vocal, alat musik, atau sumber bunyi sederhana
·
Menyanyikan
lagu anak-anak dan lagu wajib.
·
Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak
berpindah tempat
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………
|
|
.........., ................
20...
Guru Kelas I
………………………..
|
Best Buy Zinc Alloy Oxite and Titanium Oxite - TITNIA
BalasHapusT-Shirts: 7 Essential Hot & Spicy. black titanium fallout 76 Zinc Alloy Oxite · Zinc Alloy Oxite · Zinc Alloy · Zinc Alloy · Zinc Alloy · Zinc Alloy · Zinc Alloy · 2020 escape titanium Zinc Alloy titanium hammers · Zinc Alloy · Zinc Alloy · Zinc Alloy · Zinc Alloy · Zinc Alloy babyliss pro titanium straightener · titanium exhaust tubing Zinc Alloy
r929x9lbhah535 dildos,vibrators,male sexy toys,Discreet Vibrators,realistic dildo,Discreet Vibrators,G-Spot Vibrators,Panty Vibrators,sex toys i508k8okxno612
BalasHapusu433a4hzsgv007 sex dolls,wholesale sex dolls,realistic dildos,couples sexy toys,double dildos,sex chair,cheap sex toys,dildos,dildos k190g0jmmyf951
BalasHapus