Pendidikan
Kecakapan Hidup.
a.. Pengertian.
Pendidikan
Kecakapan Hidup merupakan kecakapan-kecakapan yang secara praksis dapat
membekali peserta didikdalam mengatasi berbagai macam persoalan hidup
dankehidupan. Kecakapan itu menyangkut aspek pengetahuan,sikap yang didalamnya
termasuk fisik dan mental, sertakecakapan kejuruan yang berkaitan dengan
pengembanganakhlak peserta didik sehingga mampu menghadapi tuntutan
dantantangan hidup dalam kehidupan. Pendidikan kecakapan hidupdapat dilakukan
melalui kegiatan intra/ekstrakurikuler untukmengembangkan potensi peserta didik
sesuai dengankarakteristik, emosional, dan spiritual dalam prospekpengembangan
diri, yang materinya menyatu pada sejumlahmata pelajaran yang ada. Penentuan
isi dan bahan pelajarankecakapan hidup dikaitkan dengan keadaan dan
kebutuhanlingkungan agar peserta didik mengenal dan memiliki bekaldalam
menjalankan kehidupan dikemudian hari
Isi dan bahan
pelajaran tersebut menyatu dalam matapelajaran yang terintegrasi sehingga secara
struktur tidak berdirisendiri.
b. Tujuan
Secara umum
pendidikan kecakapan hidup bertujuanmemfungsikan pendidikan sesuai dengan
fitrahnya, yaitumengembangkan potensi peserta didik dalam menghadapiperannya di
masa mendatang.Secara khusus bertujuan untuk:1. Mengaktualisasikan potensi
peserta didik sehingga dapatdigunakan untuk memecahkan problema yang
dihadapi,misalnya: masalah narkoba, lingkungan sosial.2. Memberikan wawasan yang
luas mengenai pengembangankarir
peserta didik3. Memberikan bekal dengan
latihan dasar tentang nilai-nilaiyang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari4. Memberikan
kesempatan kepada sekolah untukmengembangkan pembelajaran yang fleksibel
dankontekstual.5. Mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya di lingkungansekolah,
dengan memberi peluang pemanfaatansumberdaya yang ada di masyarakat sesuai
prinsip MBS.
c. Konsep
Menurut konsepnya
kecakapan hidup dapat dibagimenjadi dua jenis utama, yaitu:
1.
Kecakapan Hidup
Generik (
generic life
skill/GLS ).a.
Kecakapan Personal ( Personal Skill ).-. Kecakapan Memahami Diri ( Self
Awareness Skill).Kecakapan mengenal diri pada dasarnya merupakanpenghayatan
diri sebagai makhluk Tuhan YangMaha Esa, sebagai anggota masyarakat dan
warganegara, serta menyadari dan mensyukuri kelebihandan kekurangan yang dimiliki
sekaligus sebagaimodal dalam meningkatkan dirinya sebagai individuyang
bermanfaat bagi lingkungannya
-. Kecakapan Berpikir
( Thingking Skill ).Kecapakan berpikir mencakup antara lain kecakapanmengenali
dan menemukan informasi, mengolah, danmengambil keputusan, serta memecahkan
masalahsecara kreatif.b. Kecakapan Sosial ( Social Skill ).Sedangkan dalam
kecakapan sosial mencakupkecakapan berkomunikasi (
communication
skill ) dankecakapan
bekerjasama (collaboration
skill ).2.
Kecakapan hidup spesifik (specific life
skill/SLS).Kecakapan
hidup spesifik adalah kecakapan untukmenghadapi pekerjaan atau keadaan
tertentu.a. Kecakapan Akademik / Intelektual( Academic Skill )Kecakapan
akademik terkait dengan bidang pekerjaanyang lebih memerlukan pemikiran atau
kerja intelektual.b. Kecakapan Vokasional ( Vocational Skill ).Kecakapan
vokasional terkait dengan bidang pekerjaanyang lebih memerlukan keterampilan
motorik.-. Kecakapan Vokasioanl Dasar ( Basic Vocational Skill )-. Kecakapan
Vokasional Khusus ( Occupational Skill ).Menurut konsep di atas, kecakapan
hidup adalahkemampuan dan keberanian untuk menghadapi problemakehidupan,
kemudian secara proaktif dan kreatif mencari danmenemukan solusi untuk
mengatasinya. Pendidikanberorientasi kecakapan hidup bagi peserta didik adalah
sebagaibekal dalam menghadapi dan memecahkan problema hidup dankehidupan, baik
sebagai pribadi yang mandiri, wargamasyarakat, maupun sebagai warga negara.
Konsep di atas
dapat diilustrasikan sebagai berikut:
d. Kecakapan
Hidup di SD Negeri …………………….
Aspek dasar
yang harus dimiliki peserta didik pada jenjang pendidikan TK / SD,
Khususnya di SD Negeri…………….adalah kecakapan personal dan sosial yangsering
disebut sebagai kecakapan generik (
generic life
skill ).Proses
pembelajaran dengan pembenahan aspekpersonal dan sosial merupakan prasyarat
yang harusdiupayakan berlangsung pada jenjang ini, karena peserta didikpada
usia TK / SD tidak hanya membutuhkan kecakapanmembaca-membaca-berhitung,
melainkan juga butuh suatukecakapan lain yang mengajaknya untuk cakap bernalar
danmemahami kehidupan secara arif, sehingga pada masanyapeserta didik dapat
berkembang, kreatif, produktif, kritis, jujuruntuk menjadi manusia-manusia yang
unggul dan pekerjakeras.Pendidikan kecakapan hidup ini lebih menekankankepada
pembelajaran akhlak sebagai dasar pembentukan nilai-nilai dasar kebajikan (
basic
goodness ), seperti:
kejujuran,kebaikan, kepatuhan, keadilan, etos kerja, kepahlawanan,menjaga
kebersihan diri dan lingkungan, serta kemampuanbersosialisa
Secara rinci
sebagai berikut :1. Kecakapan personal(
personal
skill )Kecapakan
personal mencakup kesadaran diri dan berpikirrasional. Kesadaran diri merupakan
tuntutan mendasar bagipeserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya dimasa
mendatang. Kesadaran diri dibedakan menjadi dua,yaitu :(a) Kesadaran diri
difokuskan pada kemampuan pesertadidik untuk melihat sendiri potret
dirinya.Pada tataran yang lebih rendah peserta didik akanmelihat dirinya dalam
hubungannya dengan lingkungankeluarga, kebiasaannya, kegemarannya,
dansebagainya. Pada tataran yang lebih tinggi, pesertadidik akan semakin
memahami posisi drinya dilingkungan kelasnya, sekolahnya, desanya, kotanya,dan
seterusnya, minat, bakat, dan sebagainya.(b) Kecakapan berpikir merupakan
kecakapan dalammenggunakan rasio atau pikiran. Kecakapan inimeliputi kecakapan
menggali informasi, mengolahinformasi, dan mengambil keputusan secara
cerdas,serta mampu memecahkan masalah secara tepat danbaik. Pada jenjang
pendidikan menengah (SMP danSMA) ketiga kecakapan tersebut jauh lebih
kompleksketimbang dengan tingkat sekolah dasar.2. Kecakapan sosial (
social skill )Kecakapan
sosial dapat dipilah menjadi dua jenis utama,yaitu :(a) Kecakapan berkomunikasiKecakapan
berkomunikasi dapat dilakukan baik secaralisan maupun tulisan. Sebagai makhluk
sosial yanghidup dalam masyarakat tempat tinggal maupun tempatkerja, peserta
didik sangat memerlukan kecakapanberkomunikasi baik secara lisan maupun
tulisan. Dalamrealitasnya, komunikasi lisan ternyata tidak mudah dila-kukan.
Seringkali
orang tidak dapat menerima pendapat lawanbicaranya, bukan karena isi atau
gagasannya tetapikarena cara penyampaiannya yang kurang berkenan.Dalam hal ini
diperlukan kemampuan bagaimanamemilih kata dan cara menyampaikan agar
mudahdimengerti oleh lawan bicaranya. Karena komunikasisecara lisan adalah
sangat penting, maka perluditumbuhkembangkan sejak dini kepada peserta
didik.Lain halnya dengan komunikasi secara tertulis. Dalamhal ini diperlukan
kecakapan bagaimana caramenyampaikan pesan secara tertulis dengan
pilihankalimat, kata-kata, tata bahasa, dan aturan lainnya agarmudah dipahami
orang atau pembaca lain.(b) Kecakapan bekerjasamaBekerja dalam kelompok atau
tim merupakan suatukebutuhan yang tidak dapat dielakkan sepanjangmanusia hidup.
Salah satu hal yang diperlukan untukbekerja dalam kelompok adalah adanya
kerjasama.Kemampuan bekerjasama perlu dikembangkan agarpeserta didik terbiasa
memecahkan masalah yangsifatnya agak kompleks. Kerjasama yang dimaksudkanadalah
bekerjasama adanya saling pengertian danmembantu antar sesama untuk mencapai
tujuan yangbaik, hal ini agar peserta didik terbiasa dan dapatmembangun
semangat komunitas yang harmonis.3. Analisis Pengintegrasian Kecakapan Hidup di
SDN……………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar