Minggu, 11 Desember 2011

PROGRAM PENGAWAS SEMESTER 1

BAB I
 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 118 Tahun 1996 Bab II Pasal 3 bahwa tugas pokok Pengawas Sekolah adalah melakukan penilaian dan pembinaan penyelenggaraan pendidikan pada sejumlah sekolah tertentu baik negeri maupun swasta. Penilaian adalah penentuan derajat kualitas berdasarkan kriteria (tolok ukur) yang ditetapkan terhadap penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Pembinaan adalah memberikan arahan, bimbingan, contoh, dan saran dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah.
Sebagai pejabat yang berwenang melakukan penilaian pembinaan penyelenggaraan pendidikan di sekolah, maka sewajarnyalah pengawas sekolah menyusun program kerja sebagai pedoman dalam melakukan penilaian dan pembinaan. Pengawas sekolah harus dapat memberikan penilaian yang sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan dan memanfaatkan penilaian sebagai dasar pembinaan. Penyusunan program kerja tersebut dimaksudkan agar pembinaan yang dilakukan terencana, terarah dan sistematis. Suatu pekerjaan yang direncanakan secara baik tentu akan menghasilkan pembinaan yang baik pula terhadap satuan pendidikan.
Mengingat tugas pokok pengawas satuan pendidikan dalam melakukan supervisi diarahkan pada aspek akademis dan manajerial, maka program kerja ini juga disusun mengacu pada kedua aspek tersebut. Aspek akademis diarahkan pada pembinaan kepada guru dalam melaksanakan tugasnya, sedangkan aspek manajerial diarahkan untuk melakukan penilaian dan pembinaan terhadap pelaksanaan manajemen sekolah.
Program kerja ini diarahkan untuk melakukan pembinaan sesuai dengan kebutuhan sekolah binaan. Oleh karena itu sebelum penyusunan program kerja ini terlebih dahulu dilakukan pemantau terhadap kebutuhan sekolah. Di samping itu diperhatikan juga hasil pembinaan yang dilakukan tahun lalu.
  
B. Dasar
1.   Delapan Standar Nasional Pendidikan
2.   Surat Keputusan Kepala Cabang Dinas Dikpora Kecamatan Tapung Hilir  Nomor:  824.2/UPTD-DIKPORA/2011/032 Tentang  Pembagian Tugas Pengawas Sekolah TK/SD.

C. Visi, Misi dan Strategi
1. Visi:
“Terwujudnya Sistem Pengawasan Pendidikan yang Dapat Mendorong Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Kampar”.
2. Misi:
a.       Mengembangkan sistem pengawasan pendidikan yang kondusif dan objektif.
b.      Meningkatkan efektivitas pelakasanaan pengawasan pendidikan.
c.       Meningkatkan profesionalisme aparat pengawasan pendidikan.
d.      Menegakkan etika moral penyelenggaraan pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan.
3. Strategi
a.       Meneingkatkan kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran/bimbingan
b.      Meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan dan administyrasi sekolah
c.       Meningkatkan kinerja tenaga kependidikan lain (tenaga administrasi, pustakawan) dalam pelaksanaan tugas pokoknya masing-masing
d.      Menerapkan berbagai inovasi pendidikan/pembelajaran
e.       Meningkatkan pengelolaan lingkungan sekolah.

D. Tujuan dan Sasaran Pengawasan
1. Tujuan
Penyusunan program kerja pengawas sekolah ini bertujuan:
a.      Sebagai pedoman bagi penulis untuk melakukan pengawasan pada sekolah binaan.
b.     Sebagai pendukung dan sekaligus penunjang bagi penulis dalam menjalankan tugas, wewenang dan tanggung jawab sebagai pengawas sekolah
c.      Sebagai panduan dalam melaksanakan supervisi akademik dan supervisi manajerial.
d.     Sebagai pedoman dalam menyusun laporan hasil pengawasan di sekolah binaan.
2. Sasaran Pengawasan
Sasaran pengawasan adalah penilaian, pembinaan dan pemantauan terhadap sekolah binaan baik dari aspek manajerial maupun aspek akadedmis yang terdiri dari:

1.  SDN 012 Tapung Makmur
2.  SDN 013 Tanah Tinggi
3.  SDN 016 Tapung Lestari
4.  SDN 017 Tandan Sari
5.  SDN 018 Gerbang Sari


B.     Ruang Lingkup
Program kerja pengawasan ini disusun mengacu kepada tugas pokok  dan fungsi seorang pengawas sekolah dan Surat Tugas dari Kepala UPTD Dinas  Dikpora Kecamatan Tapung Hilir  2011/2012, yakni:
1.    Melaksanakan pengawasan penyelenggaraan pendidikan di sekolah sesuai dengan penugasan pada sekolah binaan .
2.      Meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar/bimbingan dan hasil prestasi belajar/bimbingan siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan pada sekolah binaan.


BAB II
IDENTIFIKASI/MASALAH DALAM PENGAWASAN


A.    Manajerial
Fokus masalah pada aspek manajerial pada semester ganjil meliputi:
1. Administrasi Kurikulum dan Pembelajaran
a. Sekolah belum mampu menyusun KTSP sesuai dengan karakter sekolah
b. Sekolah belum menyusun kurikulum muatan lokal
d. Dokumen analisis hasil belajar belum lengkap
e. Dokumen hasil remedial dan pengayaan belum lengkap.

2. Administrasi dan Manajemen Sekolah
a.  Sekolah belum melaksanakan program peningkatan mutu
b.  Belum tersusunnya program pengembangan tenaga guru dan non guru pada sebagian sekolah
c.  Sebagian sekolah belum mampu menyelesaikan penyusun peraturan untuk memberikan penghargaan kepada siswa dan guru yang berprestasi

3. Organisasi dan Kelembagaan
a. Sekolah belum memanfaatkan alumni untuk pengembangan sekolah
b. Belum dapat menjalin kerjasama dengan lembaga non pendidikan dalam rangka pengembangan sekolah

4. Sarana dan Prasarana
a.   Masih belum optimalnya penggunaan perpustakaan sekolah
b.   Koleksi buku perpustakaan sekolah belum memadai untuk mendukung pembelajaran
c.   Masih kurangnya media pembelajaran
d.   Tidak seimbangnya peralatan olahraga dengan jumlah siswa
e.   Peralatan Kesenian belum mampu mengakomodir kegiatan siswa
f.    Ruangan UKS perlu dibenahi dan dilengkapi peralatan yang dibutuhkan


5. Ketenagaan
a.    Kehadiran pegawai ditempat kerja belum optimal
b.   Pegawai yang terampil dalam penggunaan teknologi masih kurang
c.   File guru dan pegawai tidak lengkap

B.     Akademik
1.  Perencanaan Pembelajaran
a. Sebagian guru belum mampu melakukan pemetaan KD sesuai dengan hierarki konsep dan karakter mata pelajaran
b. Sebagian guru belum mampu merumuskan indikator sesuai dengan tuntutan SK/KD
c. Sebagian guru masih kesulitan untuk memilih materi ajar sesuai dengan karakteristik dan taraf kemampuan berpikir siswa
d. Sebagian guru belum terampil dalam menyusun pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam PMB
e. Belum terampilnya sebagian guru dalam menyusun pengorganisasian siswa
f.  Sebagian guru belum mampu menyusun jenis penilaian pengamatan
g.  Masih ditemukan guru yang belum membuat KKM indikator dan KD
h.  Sulit bagi guru untuk mengubah pembelajaran konvensional kepada pembelajaran yang inovatif
2.  Pelaksanaan Pembelajaran
a. Rendahnya kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
b. Rendahnya kemampuan guru dalam penguasaan bahasa Inggris
c. Sebagian guru belum menggunakan metode yang bervariasi
d. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran pembelajaran masih kurang
e. Sebagian guru belum melakukan penilaian selama proses berlangsung
3.  Penilaian
a. Belum semua mata pelajaran memenuhi KKM yang ditetapkan secara nasional
b. Bentuk tes yang digunakan guru masih didominasi oleh tes tertulis dan lisan
c. Guru belum mampu menyusun jenis penilaian yang mengukur/menilai psikomotorik
d. Sebagian guru belum mampu menentukan KKM.
BAB III
PROGRAM PENGAWASAN

A. Deskripsi Kegiatan
Program semester ganjil ini di susun berdasarkan program tahunan Pengawas Tahun Pelajaran 2011/2012. Beberapa aspek/masalah yang diidentifikasi di atas merupakan fokus program kepengawasan pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Untuk memudahkan penyusunan dan pemahaman, program ini disusun dengan menggunakan matrik sebagai berikut:
No
Aspek/
Masalah
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Metode Kerja
(Teknik Supervisi)
Skenario Kegiatan
Sumber Daya Yang Diperlukan
Penilaian dan Instrumen
Rencana Tindak Lanjut
Jadwal Kegiat
an
1
2
3
4
5
6
7
8
9

A
Manajerial








1
Adminis
trasi Kurikulum dan Pembelajaran











a.Sekolah belum mampu menyusun KTSP sesuai dengan karak-ter sekolah
Membimbing kepala sekolah dalam menyusun kurikulum sekolah (KTSP) sesuai dengan karakter sekolah
Tersusunnya kurikulum sekolah (KTSP) sesuai dengan karakter sekolah
- memberikan arahan
- memberikan contoh
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah dan guru
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah dan guru dalam penyu-sunan kurikulum sekolah
- Melakukan analisis terhadap karakter sekolah
- Melakukan penga-matan terhadap kurikulum yang telah disusun sekolah
- Pemberian arahan dan bimbingan
- penguatan
- Dokumen
- Buku petunjuk penyusunan KTSP dari BSNP

Istrumen manajerial (MJ-01)
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas
Juli s.d  Sept. 2011

b.Sekolah belum menyu
   sun kuriku
   lum muatan lokal
Membimbing kepala sekolah dalam menyusun kurikulum muatan lokal sesuai dengan potesni sekolah
Tersusunnya kuri-kulum muatan lokal sesuai dengan potesni sekolah
- memberikan arahan
- memberikan contoh
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah dan guru
- Eksplorasi pengeta-huan kepala sekolah dan guru dalam penyusunan kuriku-lum muatan lokal
- Mengidentifikasi lingkungan sekolah dan daerah 
- Memeriksa dokumen sekolah
- pemberian arahan dan bimbingan penyusunanSK/KD
- Membentuk TIM pengembangan
- penguatan
- Dokumen
- Buku petun-juk penyu-sunan KTSP dari BSNP


Istrumen manajerial
 (MJ01)
- Diklat
- Pemantauan
- Bimbingan  berkala oleh pengawas
Juli s.d Sep. 2011


c.Kurikulum (KTSP) yang disusun sekolah masih bersifat adopsi
Membimbing kepala sekolah dalam mereviw kurikulum sekolah
Terlaksananya reviw terhadap kurikulum sekolah
- memberikan arahan
- memberikan contoh
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah dan guru
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah dan guru dalam penyusunan kurikulum sekolah.
- Melakukan analisis terhadap kurikulum yang telah disusun sekolah
- Pemberian arahan dan bimbingan
- tugas melakukan reviw
- penguatan
- Dokumen
- Buku petunjuk penyusunan KTSP dari BSNP

Istrumen manajerial
 (MJ01)
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas


d. Dokumen analisis hasil belajar belum lengkap
Mengarahkan kepala sekolah dalam menyusun analisis hasil belajar
Adanya dokumen analisis hasil belajar
- memberikan arahan
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Melakukan analisis terhadap dokumen
- Pemberian arahan dan bimbingan
- tugas
- penguatan
- Dokumen
- Buku petunjuk penyusunan KTSP dari BSNP

Istrumen manajerial
 (MJ01)
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas
Nop.s.d.Des 2011


2
Administrasi & Manajemen Sekolah









a. Sekolah belum melaksanakan program peningkatan mutu
Membimbing kepala sekolah dalam melaksana-kan program peningkatan mutu
Tersusunnya program pening-katan mutu sekolah
-memberikan arahan
- memberikan contoh
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah dalam penyusunan program
- Analisis dokumen
- Pemberian arahan dan bimbingan
- penguatan
- Dokumen
- Buku petunjuk pengelolaan sekolah
Istrumen manajerial
(MJ-03)
- Diklat
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas
Agus s.d. Okt. 2011

b.Belum tersusunnya program pengembangan tenaga guru dan non guru pada sebagian sekolah
Membimbing kepala sekolah dalam menyusun program pengembangan tenaga guru dan non guru
Tersusunnya program pengem-bangan tenaga guru
- memberikan arahan
- memberikan contoh
- bimbinga
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah dalam penyusunan program
- Analisis dokumen
- Pemberian arahan dan bimbingan
- penguatan
- Dokumen
- Buku petunjuk pengelolaan sekolah
Istrumen manajerial
 (MJ03)
- Diklat
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas


c.Sebagian seko-lah belum mampu menyelesaikan penyusunan peraturan untuk mem-berikan peng-hargaan kpd siswa dan guru berprestasi
Membimbing kepala sekolah dalam menyele-saikan penyusun peraturan untuk memberikan penghargaan kepada siswa dan guru berprestasi
Tersusunnya peraturan pemberian penghargaan kepada siswa dan guru berprestasi
- memberikan arahan
- memberikan contoh
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Analisis dokumen
- Pemberian arahan dan bimbingan
- penguatan
- Dokumen
- Buku petunjuk pengelolaan sekolah
Istrumen manajerial
 (MJ-03
Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas

3
Organisasi & Kelembagaan









a.Sekolah belum memanfaatkan alumni untuk pengembangan sekolah
Mengarahkan kepala sekolah untuk memanfa-atkan alumni untuk pengem-bangan sekolah
Terlibatnya alumni dalam pengembangan sekolah
- memberikan arahan
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah
- Pemberian arahan dan bimbingan, penguatan
- Dokumen
- Buku petunjuk pengelolaan sekolah
Istru
men manaje
rial (MJ04)
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas
Septber 2011

b.Belum menja-lin kerjasama dengan lemba-ga non pendi-dikan dlm rangka peng-embangan sekl
Mengarahkan kepala sekolah untuk menjalin kerjasama deng-an lembaga non pendidikan
Terjalinnya kerjasama dengan lembaga nonpendidikan untuk  pengem-bangan sekolah
- memberikan arahan
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah
- Pemberian arahan dan bimbingan,
- penguatan




4
Sarana dan Prasarana









a.Masih belum optimalnya penggunaan perpustakaan sekolah
Membimbing tenaga perpusta-kaan sekolah untuk mengopti-malkan penggu-naan perpustaka-an sekolah
Meningkatnya pemanfaatan perpustakaan dalam menun-jang PBM
- memberikan arahan
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah
- Pemberian arahan dan bimbingan,
- penguatan
- Dokumen
- Buku petunjuk pengelolaan sekolah
Istru
men manaje
rial
 (MJ05)
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas
Nop. Des 2011

b.Koleksi buku perpustakaan sekolah belum memadai untuk mendukung pembelajaran
Mengarahkan kepala sekolah dan tenaga perpusta-kaan sekolah un-tuk menambah koleksi buku
Bertambahnya jumlah buku perpustakaan sekolah
- memberikan arahan
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah
- Pemberian arahan dan bimbingan,
- penguatan
Buku petunjuk pengelolaan perpustakaansekolah
sda
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas


c.Masih kurangnya media pembelajaran
Mengarahkan kepala sekolah untuk  meleng-kapi media pembelajarn
Meningkatnya jumlah media pembelajaran
- memberikan arahan
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah tentang media pembelajaran
- Pemberian arahan dan bimbingan,
- penguatan
Buku petunjuk pengelolaan pembelajaran
sda
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas


d.Tidak seim-bangnya peralatan olahraga dengan jumlah siswa
Mengarahkan kepala sekolah untuk meleng-kapi peralatan olahraga sesuai dengan jumlah siswa
Meningkatnya jumlah peralatan olahraga
- memberikan arahan
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah
- Pemberian arahan dan bimbingan,
- penguatan
Buku petunjuk proses belajar mengajar
sda
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas


e.Peralatan Kesenian bel-um mampu mengakomodir kegiatan siswa
Mengarahkan kepala sekolah untuk memenuhi kebutuhan pera-latan kesenian untuk mengako-modir kegiatan siswa
Meningkatnya jumlah peralatan kesenian
- memberikan arahan
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah
- Pemberian arahan dan bimbingan,
- penguatan
Buku petunjuk proses belajar mengajar
sda
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas


f.Ruangan UKS perlu dibenahi dan dilengkapi peralatan yang dibutuhkan
Mengarahkan kepala sekolah dan wakasek untuk membenahi ruangan UKS dan melengkapi peralatannya
Terbenahinya ruang UKS dan meningkatnya jumlah peralat-an UKS
- memberikan arahan
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah tentang pengelolaan UKS
- Pemberian arahan dan bimbingan,
- penguatan
Buku petunjuk pengelolaan UKS
sda
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas

5
Ketenagaan









a.Kehadiran pegawai ditempat kerja belum optimal
Mengarahkan kasek untuk mengoptimalkan kehadiran pegawai di sekolah
Opytimalnya kehadiran pegawai di sekolah
- memberikan arahan
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pemahaman kepala sekolah tentang pentingnya kehadiran pegawai
- Pemberian arahan dan bimbingan, penguatan
- Dokumen
- Buku petunjuk pengelolaan sekolah
Istrumen manajerial
 (MJ06)
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas
Septber s.d. Nop 2011

b.Pegawai yang terampil dalam penggunaan teknologi masih kurang
Pegawai yang terampil dalam penggunaan teknologi masih kurang
Bertambahnya jumlah pegawaqi yang mampu menggunakan teknologi dalam bekerja
- memberikan arahan
- memberikan contoh
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah pentingnya keteram-pilan pegawai dalam penggu-naan teknologi dalam bekerja
- Pemberian arahan dan bimbingan,
- penguatan
Buku petunjuk pengelolaan pegawai
sda
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas


c.File guru dan pegawai tidak lengkap
File guru dan pegawai tidak lengkap
Tersedianya file pegawai dengan lengkap
- memberikan arahan
- memberikan contoh
- bimbingan
- Pembicaraan awal dengan kepala sekolah
- Analisis dokumen
- Pemberian arahan dan bimbingan
- penguatan
Buku petunjuk pengelolaan pegawai
sda
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas

B
Akademik








1
Perencanaan Pembelajaran










a.Sebagian guru belum mampu melakukan pemetaan KD sesuai dengan hierarki konsep dan karakter mata pelajaran
Membimbing guru dalam memetakan KD sesuai dengan hierarki konsep dan karakter mata pelajaran
Tersusunny KD sesuai dengan hirarki konsep dan karakter mata pelajaran
- pemberian informasi
- melakukan bimbingan dalam peme-taan KD
- Pembicaraan awal dengan guru
- Eksplorasi pengetahuan
- Mengamati recana pem-belajaran yg disusun guru
- pemberian arahan dan saran
-Dokumen rencana pembelajaran
-Petunjuk penyusunan rencana pembelajaran
-Alat tulis
Istru
men
 (AK01)
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas
Juli s.d. Sept. 2011

b.Sebagian guru belum mampu merumuskan indikator sesuai dengan tuntutan SK/KD
Membimbing guru dalam merumuskan indikator sesuai dengan tuntutan SK/KD
Tersusunnya indikator sesuai dengan tuntutan KD
-pemberian informasi
- melakukan bimbingan dalam menyu-sun indikator sesuai dengan KD
- Pembicaraan awal dengan guru
- Eksplorasi pengetahuan dalam merumuskan indikator
- Mengamati recana pem-belajaran yg disusun
- pemberian arahan dan saran
-Dokumen rencana pembelajaran
-Petunjuk penyusunan rencana pembelajaran
-Alat tulis
Istrumen  (AK-01)
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas


c.Sebagian guru masih kesulitan untuk memilih materi ajar sesu-ai dengan karak-teristik dan taraf kemampuan berpikir siswa
Membimbing guru dalam memilih materi ajar sesuai dengan karakteris-tik dan taraf kemampuan berpikir siswa
Tersusunnya materi ajar sesuai dengan baik
- pemberian informasi
- melakukan bimbingan penyusunan materi ajar
- praktek
 Pembicaran awal
- Arahan tentang penyusunan materi ajar
- Diskusi hasil pengamatan
- pemberian arahan dan bimbingan
-Dokumen rencana pembelajaran
-Petunjuk penyusunan rencana pembelajaran
-Alat tulis
Istrumen  (AK-01)
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas


d.Sebagian guru belum terampil dalam menyu-sun pengorgani-sasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam PMB
Membimbing guru menyusun pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam PMB
Terampilnya guru dalam pengorganisasian siswa dalam pembelajaran
- pemberian informasi
- melakukan bimbingan
- praktek
sda
-Dokumen rencana pembelajaran
-Petunjuk RPP
-Alat tulis
Istru
men
 (AK01)
- Pemantauan
- Bimbingan secara berkala oleh pengawas

2
Pelaksanaan Pembelajaran









a. Rendahnya kemampuan guru untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
Rendahnya kemampuan guru memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
Meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
- pemberian informasi
- melakukan bimbingan
- praktek
- Pembicaraan awal dengan guru
- Mengamati pembelajaran
- Diskusi hasil pengamatan
- pemberian arahan dan saran
- penguatan
-Instrumen supervisi akademik
- Petunjuk teknis pelaks. pembelajaran
Istru
men
 (AK03)
- Diklat
- Pemantau
an
- Bimbing
an secara berkala
Juli 2011s.d. Nop 2011

b.Rendahnya kemampuan guru dalam penguasaan bahasa Inggris
Mengarahkan kemampuan guru dalam penguasaan bahasa Inggris
Meningkatnya kemampuan guru dalam penguasaan bahasa Inggris
- pemberian informasi
- melakukan bimbingan
- diklat
- Pembicaraan awal dengan guru
- Diskusi
- pemberian arahan dan saran
- penguatan


sda


c.Sebagian guru belum menggunakan metode yang bervariasi
Membimbing guru menggunakan metode yang bervariasi

Meningkatnya kemampuan guru dalam menggu-nakan metode pembelajaran
- pemberian informasi
- melakukan bimbingan
- praktek
- Pembicaraan pendahuluan dengan guru
- Mengamati pembelajaran di
- Diskusi hasil pengamatan
- pemberian arahan dan saran
-sda
Istru
men  (AK-03)
- Pemantau
an
- Bimbingan secara berkala
Juli 2011s.d. Nop 2011
3
Penilaian









a.Belum semua mata pelajar-an memenuhi KKM yang ditetapkan secara nasional
Meningkatkan kemampuan guru dalam membim-bing siswa untuk memenuhi KKM yang ditetapkan
Meningkatnya hasil belajar siswa dalam memenuhi KKM dalam belajar
- pemberian informasi
- melakukan bimbingan
- praktek
- Pembicaraan awal dengan guru
- Eksplorasi pengetahuan guru
- Mengamati recana pembela-jaran yg disusun guru
- pemberian arahan dan saran
I- nstrumen supervisi akademik
- Petunjuk teknis penilaian.
Istrumen  (AK-01 dan 02)
-Peman
tauan
- Bimbing
an secara berkala
Jan 2011
dan Des
2011

b.Bentuk tes yang diguna-kan guru masih didomi-nasi oleh tes tertulis dan lisan
Meningkatkan kemampuan guru menyusun berbagai jenis tes

Meningkatnya kemampuan guru dalam menyusun jenis tes
- pemberian informasi
- melakukan bimbingan
- praktek
- Pembicaraan awal dengan guru
- Eksplorasi pengetahuan guru
- Mengamati recana pembela-jaran yg disusun guru
- pemberian arahan dan saran
sda
Istrumen  (AK-01 dan 02)
Pemantau
an
Bimbingan secara berkala








B.Jadwal Kegiatan
No
Kegiatan
Bulan/ Minggu ke
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
A
Manajerial
























1
Administrasi Kurikulum dan Pembelajaran
























2
Administrasi dan Manajemen Sekolah
























3
Sarana dan Prasarana
























4
Ketenagaan


















































B
Akademik
























1
Perencanaan Pemnbelajaran
























2
Pelaksanaan Pembelajaran
























3
Penilaian

























  1.  Penutup
Demikian program semester ini disusun untuk dijadikan bahan acuan bagi penulis dalam melaksanakan pembinaan pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Terima kasih
                                                                                           Kota Garo,             Juli 2011
                                                                                                                   Pengawas, SD



                                                                                                                  M O N O, M.Pd                                                                                                          NIP. 19680106 200009 1001 Mengetahui :                                   
      Korwas  Kec.Tapung Hilir                                                                                                                      


     IRMANSYAH, M.Pd
  NIP. 19611111 198112 1001



 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar