Selasa, 13 Desember 2011

Terima Tanggung Jawab Anda Sepenuh Hati

TERIMA TANGGUNG JAWAB HIDUP ANDA SEPENUHNYA
Penulis dalam blog ini : Mono, Mpd
Hari dimana Anda mampu memilih apa yang harus Anda lakukan, kemudian bertanggung jawab sepenuhnya atas apa yang Anda pilih serta bersedia menerima resiko/konsekwensi apapun dari pilihan Anda, maka kesuksesan yang akan mengejar Anda. Mono, Mpd
Salah satu ciri orang sukses yang saya temui adalah tidak merasa nyaman dalam zona nyaman.  Mereka sangat membenci status quo, stagnan dan diam.  Orang-orang sukses senantiasa bertanggung jawab penuh atas kehidupannya.  Mereka menerima sepenuh hati apapun konsekwensi dari pilihan-pilihan keputusan yang mereka ambil.   Orang-orang sukses enggan mencari kambing hitam, kesalahan orang lain ataupun lingkungan sekitar sebagai penyebab kegagalannya. Pantang bagi arang sukses menyalahkan dunia atas kehidupan mereka.  Orang-orang sukses senantiasa bertanggungjawab atas hidupnya dan tidak menelantarkan atas dasar keinginan, desakan, ataupun paksaan orang lain.
Sikap agresif dan ketidakmampuan menerima tanggung jawab hidup adalah sikap yang berkontribusi atas kegagalan.  Sulit menerima masukan, kritik atau saran, menyalahkan dan merasa paling benar adalah penjara bagi perkembangan diri kerah yang lebih baik.
Hari dimana Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas tanggung jawab Anda, hari dimana Anda memutuskan untuk tidak menyesali hidup, menghapus kata mengeluh, maka hari itulah Anda mulai menapaki kehidupan baru menuju posisi puncak kesuksesan Anda.
Mulai hari ini tanyakanlah pada diri Anda, sudahkah sepenuh hati Anda menerima tanggung jawab kehidupan Anda.  Tanyakanlah pada diri Anda, masihkah sampai hari ini Anda mengerjakan hal sia-sia.  Anda sendiri tidak tahu kenapa Anda melakukan aktivitas itu. Ingatlah, jika Anda tidak mampu mengontrol kehidupan Anda maka tunggulah kehadiran orang lain yang akan mengontrol kehidupan Anda.  Semakin dini Anda belajar mengatasi tanggung jawab dalam setiap langkah kehidupan Anda, maka semakin dini pula Anda menjadi pribadi sukses.
Anda  harus menjadi penentu bagi nasib Anda sendiri. Anda harus menjadikan diri Anda sendiri sepenuhnya bertanggung jawab atas kualitas kehidupan Anda, karena bila tidak  orang lain yang akan menentukan nasib Anda.Beranikanlah diri Anda untuk mengubah yang bisa Anda ubah sekarang.Anda diberikan kewenangan penuh untuk bertindak dalam hal-hal yang sekarang dapat Anda lakukan. Bila Anda tidak melakukannya sekarang, Anda harus mampu menyadari bahwa tidak ada raja yang mampu untuk melakukan apapun dalam rentang waktu yang telah berubah menjadi ‘tadi’.
Hari ini banyak orang yang mengerjakan suatu aktivitas sedangkan dia tidak menikmati pekerjaannya.  Jika sampai hari ini  ada orang yang mampu membuat Anda mengerjakan sesuatu yang sebenarnya Anda tidak ingin mengerjakannya maka hal tersebut bukanlah kesalahan orang yang memerintahkan Anda, karena apapun yang Anda kerjakan adalah hasil dari keputusan pribadi Anda. Anda adalah pemegang trerakhir keputusan ya atau tidaknya sesuatu yang Anda kerjakan.
Perbedaan terbesar antara orang biasa dan orang luar biasa adalah  kemampuan mereka dalam menentukan pilihan.  Orang biasa terkadang tidak berani dan bahkan tidak mampu menentukan pilihan yang diinginkannya.  Sedangkan orang luar biasa adalah orang yang mampu menyadari bahwa hidup adalah memilih dan siap dengan segala konsekwensi atau resiko dari pilihan. Semakin cepat memilih maka semakin cepat melakukan aksi nyata, semakin cepat pula mengevaluasinya sehingga dapat memutuskan apakah pilihannya benar atau salah. Kalaulah benar berarti dapat dilanjutkan dengan aksi berikutnya, dan kalaulah salah maka dapat berpindah pada alternatif pilihan lain yang lebih baik dengan belajar dari kesalahan sebelumnya.  Bagi orang sukses gagal hanyalah peristiwanya saja. Sebagaimana seorang gadis yang menggoreng tempe dan gosong maka yang gosong adalah tempenya bukan gadisnya.
Anda berhak memilih apapun dalam kehidupan Anda, namun Anda tidak berhak memilih konsekwensi/ dampak dari pilihan-pilihan Anda.
Berhentilah menyalahkan, menggerutu, mencari kambing hitam atau mengeluh berkepanjangan.  Siapapun Anda hari ini adalah hasil dari keputusan-keputusan Anda kemaren.  Ambil sepenuhnya tanggung jawab kehidupan Anda, maka Allah akan merubah nasib Anda karena Anda telah berupaya maksimal atas upaya perubahan nasib Anda.
Katakanlah, Anda berhak mendapatkan yang terbaik, dan percayalah seorang manusia yang mampu merubah hidup Anda adalah Anda sendiri atas izin Allah swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar