I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Program semester genap tahun pelajaran 2010/2011 ini disusun berdasarkan identifikasi masalah tahun pelajaran 2010/2011 dan merupakan kelanjutan dari pelaksanaan pengawasan pada semseter ganjil yang lalu.
Sebagai unsur yang diberikan kewenangan untuk melakukan penilaian pembinaan penyelenggaraan pendidikan di sekolah, maka disusun program pengawasan ini sebagai pedoman dalam melakukan penilaian dan pembinaan. Pengawas sekolah harus dapat memberikan penilaian yang sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan dan memanfaatkan penilaian sebagai dasar pembinaan. Penyusunan program kerja tersebut dimaksudkan agar pembinaan yang dilakukan terencana, terarah dan sistematis. Suatu pekerjaan yang direncanakan secara baik tentu akan menghasilkan pembinaan yang baik pula terhadap satuan pendidikan.
Mengingat tugas pokok pengawas satuan pendidikan dalam melakukan supervisi diarahkan pada aspek akademis dan manajerial, maka program kerja ini juga disusun mengacu pada kedua aspek tersebut. Aspek akademis diarahkan pada pembinaan kepada guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai kelanjutan pada semester ganjil, sedangkan aspek manajerial diarahkan untuk melakukan penilaian dan pembinaan terhadap pelaksanaan manajemen sekolah pada aspek yang belum dilakukan pada semseter ganjil.
Untuk aspek manajerial yang sudah dilakukan pembinaan, pengawas melakukan pemantauan pelaksanaannya. Pada aspek akademik terutama pelaksanaan pembelajaran dilakukan pembinaan secara kontinu, karena pada semester ganjil yang lalu masih ditemukan guru yang belum dapat menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tuntutan materi, melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan melakukan penilaian proses.
B. Dasar
1. Delapan Standar Nasional Pendidikan
2. Surat Keputusan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Dikpora Kecamatan Tapung Hilir Nomor: 824.2/UPTD-DIKPORA/2011/032 Tentang Pembagian Tugas Pengawas Sekolah TK/SD.
C. Visi, Misi dan Strategi
1. Visi:
“Terwujudnya Sistem Pengawasan Pendidikan yang Dapat Mendorong Peningkatan Mutu Pendidikan di Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar”.
2. Misi:
a. Mengembangkan sistem pengawasan pendidikan yang kondusif dan objektif.
b. Meningkatkan efektivitas pelakasanaan pengawasan pendidikan.
c. Meningkatkan profesionalisme aparat pengawasan pendidikan.
d. Menegakkan etika moral penyelenggaraan pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan.
3. Strategi
a. Meneingkatkan kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran/bimbingan
b. Meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan dan administyrasi sekolah
c. Meningkatkan kinerja tenaga kependidikan lain (tenaga administrasi, pustakawan) dalam pelaksanaan tugas pokoknya masing-masing
d. Menerapkan berbagai inovasi pendidikan/pembelajaran
e. Meningkatkan pengelolaan lingkungan sekolah.
D. Tujuan Penyusunan Program
1. Tujuan
Penyusunan program kerja pengawas sekolah ini bertujuan:
a. Sebagai pedoman bagi penulis untuk melakukan pengawasan pada sekolah binaan.
b. Sebagai pendukung dan sekaligus penunjang bagi penulis dalam menjalankan tugas, wewenang dan tanggung jawab sebagai pengawas sekolah
c. Sebagai panduan dalam melaksanakan supervisi akademik dan supervisi manajerial.
d. Sebagai pedoman dalam menyusun laporan hasil pengawasan di sekolah binaan.
2. Sasaran
Sasaran pengawasan adalah penilaian, pembinaan dan pemantauan terhadap sekolah binaan baik dari aspek manajerial maupun aspek akadedmis yang terdiri dari Lima Sekolah Dasar yiatu:
1. SDN 012 Tapung Makmur
2. SDN 013 Tanah Tinggi
3. SDN 016 Tapung Lestari
4. SDN 017 Tandan Sari
5. SDN 018 Gerbang Sari
7. Ruang Lingkup
Program kerja pengawasan ini disusun mengacu kepada tugas pokok dan fungsi seorang pengawas sekolah dan Surat Tugas dari Kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Tapung Hilir T.P 2010/2011, yakni:
a. Melaksanakan pengawasan penyelenggaraan pendidikan di sekolah sesuai dengan penugasan pada: sekolah binaan .
b. Meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar/bimbingan dan hasil prestasi belajar/bimbingan siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan pada sekolah binaan.
II. IDENTIFIKASI/MASALAH DALAM PENGAWASAN
Beberapa masalah kepengawasan yang dapat diidentifikasi yang harus dilakukan tindakan kepengawasan pada semester genap ini adalah:
A. Manajerial
1. Pembiayaan
a. Sekolah belum mampu memfasilitasi kegiatan kesiswaan sesuai dengan minat dan bakat siswa
b. Belum optimalnya dana untuk menunjang pengembangan kegiatan kretivitas guru dan siswa
2. Peserta Didik
a. Belum memiliki program pengembangan bakat, minat dan kreativitas siswa
b. Kegiatan ekstrakurikuler belum berjalan dengan lancar
3. Peranserta Masyarakat
a. Masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam mendukung program sekolah
b. Sebagian sekolah belum melibatkan komite sekolah/orang tua siswa
c. Penyusunan program peningkatan mutu
d. Penyusunan tata tertib sekolah
e.emfasilitasi hubungan kerjasama dalam pengembangan sekolah
4. Lingkungan dan Budaya Sekolah
a. Sebagian sekolah belum menyusun program kebersihan lingkungan sekolah
b. Sekolah belum menyusun dan melaksanakan program keamanan sekolah
B. Akademik
Fokus kegiatan untuk, aspek akademik meliputi:
1. Merencanakan Pembelajaran
a. Sebagian guru belum mampu melakukan pemetaan KD sesuai dengan hierarki konsep dan karakter mata pelajaran
b. Sebagian guru belum mampu merumuskan indikator sesuai dengan tuntutan SK/KD
c. Sebagian guru masih kesulitan untuk memilih materi ajar sesuai dengan karakteristik dan taraf kemampuan berpikir siswa
d. Sebagian guru belum terampil dalam menyusun pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam PMB
e. Belum terampilnya sebagian guru dalam menyusun pengorganisasian siswa
f. Sebagian guru belum mampu menyusun jenis penilaian pengamatan
g. Masih ditemukan guru yang belum membuat KKM indikator dan KD
h Sulit bagi guru untuk mengubah pembelajaran konvensional kepada pembelajaran yang inovatif
2. Melaksanakan Pembelajaran
a. Rendahnya kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
b. Rendahnya kemampuan guru dalam penguasaan bahasa Inggris
c. Sebagian guru belum menggunakan metode yang bervariasi
d. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran pembela-jaran masih kurang
e. Sebagian guru belum melakukan penilaian selama proses berlangsung
3. Penilaian
a. Belum semua mata pelajaran memenuhi KKM yang ditetapkan secara nasional
b. Bentuk tes yang digunakan guru masih didominasi oleh tes tertulis dan lisan
c. Guru belum mampu menyusun jenis penilaian yang mengukur/menilai psikomotorik
d. Sebagian guru belum mampu menentukan KKM
III. PROGRAM PENGAWASAN
A. Deskripsi Kegiatan
Program semester genap ini di susun berdasarkan program tahunan Pengawas Sekolah Tahun Pelajaran 2010/2011 dan semester ganjil yang lalu. Beberapa aspek/masalah yang dapat diidentifikasi yang harus dipecahkan dalam kepengawasan yakni pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 adalah sebagai berikut:
No | Aspek/ Masalah | Tujuan | Indikator Keberhasilan | Metode Kerja (Teknik Supervisi) | Skenario Kegiatan | Sumber Daya Yang Diperlukan | Penilaian dan Instrumen | Rencana Tindak Lanjut | Jadwal Kegiatan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | |
A | Manajerial | | | | | | | | |
1 | Pembiayaan | | | | | | | | |
| a.Sekolah belum mampu memfasilitasi kegiatan kesis-waan sesuai dengan minat dan bakat siswa | Mengarahkan kepala sekolah supaya dapat memfasilitasi kegiatan kesiswaan sesuai dengan minat dan bakat siswa | Terlaksananya kegiatan siswa sesuai dengan bakat dan minat siswa | - memberikan arahan - memberikan contoh - bimbingan | - Pembicaraan awal dengan kepala sekolah - Analisis kegiatan ekstrakuri-kuler yang tepat dilakukan - Pemberian arahan dan bimbingan - penguatan | - Dokumen - Buku petunjuk pengelolaan sekolah | Istrumen manajerial (MJ-07) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | Jan 2011 |
| b.Belum optimal-nya dana untuk menunjang pengembangan kegiatan kretivitas guru dan siswa | Mengarahkan kepala sekolah agar mengopti-malkan dana untuk menunjang pengembangan kegiatan kretivitas guru dan siswa | Optimalnya dana untuk menunjang pengembangan kreativitas siswa dan guru | - memberikan arahan - memberikan contoh - bimbingan | - Pembicaraan awal dengan kepala sekolah - Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah - Pemberian arahan dan bimbingan, - penguatan | Buku petunjuk penyusunan RAPBS | Istrumen manajerial (MJ-07) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | |
2 | Peserta didik | | | | | | | | |
| a.Belum memiliki program pengembangan bakat, minat dan kreativitas siswa | Mengarahkan kepala sekolah utuk memiliki program pengem-bangan bakat, minat dan kreativitas siswa | Tersusunnya program pengembangan bakat, minat dan kreativitas siswa | - memberikan arahan - memberikan contoh - bimbingan | - Pembicaraan awal dengan kepala sekolah - Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah dalam penyusunan program - Analisis dokumen - Pemberian arahan dan bimbingan - penguatan | - Dokumen - Buku petunjuk pengelolaan sekolah | Istrumen manajerial (MJ-08) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | Feb 2011 |
| b.Kegiatan ekstrakurikuler belum berjalan dengan lancar | Membimbig kasek dan waka kesis-waan untuk mengatur kegiatan ekstrakuriku-ler agar berjalan dengan lancar | Efektifnya pelaksanaan ekstrakurikuler di sekolah | - memberikan arahan - bimbingan | - Pembicaraan awal dengan kepala sekolah - Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah - Pemberian arahan dan bimbingan, - penguatan | Buku petunjuk pembinaan kesiswaan | Istrumen manajerial (MJ-08) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | |
3 | Peranserta Masyarakat | | | | | | | | |
| a.Masih rendah-nya partisipasi masyarakat dalam mendu-kung program sekolah | Mengarahkan kepala sekolah untuk meningkat-kan partisipasi masyarakat dalam mendukung program sekolah | Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam mendu-kung program sekolah | - memberikan arahan - bimbingan | - Pembicaraan awal dengan kepala sekolah - Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah - Pemberian arahan dan bimbingan, - penguatan | - Buku petunjuk pengelolaan sekolah | Istrumen manajerial (MJ-09) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | Mar 11 |
| b.Sebagian sekolah belum melibatkan komite sekolah /orang tua siswa dalam penyusunan program peningkatan mutu | Mengarahkan kepala sekolah agar melibatkan komite sekolah/ orang tua siswa dlm penyusunan program peningkatan mutu sekolah | Terlibatnya komite sekolah dalam menyusun program peningkatan mutu sekolah | - memberikan arahan - memberikan contoh - bimbingan | - Pembicaraan awal dengan kepala sekolah - Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah - Pemberian arahan dan bimbingan, - penguatan | - Buku petunjuk pengelolaan sekolah | Istrumen manajerial (MJ-09) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | |
| c.Penyusunan tata tertib sekolah | Mengarahkan kepala sekolah agar menyusun tata tertib sekolah | Tersusunnya tata tertib sekolah | - memberikan arahan - memberikan contoh - bimbingan | - Pembicaraan awal dengan kepala sekolah - Eksplorasi - Pemberian arahan dan bimbingan, - penguatan | - Buku petunjuk pengelolaan sekolah | Istrumen manajerial (MJ-09) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | |
| d.Memfasilitasi hubungan kerjasama dalam pengembangan sekolah | Mengarahkan kasek untuk menjalin hubungan/ kerjasama dalam pengembangan sekolah | Terjalinnya hubungan kerja sama dengan masyarakat | - memberikan arahan - bimbingan | - Pembicaraan awal dengan kepala sekolah - Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah - Pemberian arahan dan bimbingan, - penguatan | - Buku petunjuk pengelolaan sekolah | Istrumen manajerial (MJ-09) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | |
4 | Lingkungan dan Budaya Sekolah | | | | | | | | |
| Sebagian sekolah belum menyusun program keber-sihan lingkungan sekolah | Membimbing kepala sekolah belum menyusun program keber-sihan lingkungan sekolah | Tersusunnya program kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah | - memberikan arahan - memberikan contoh - bimbingan | - Pembicaraan awal dengan kepala sekolah - Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah dalam penyusunan program - Analisis dokumen - Pemberian arahan dan bimbingan - penguatan | - Dokumen - Buku petunjuk pengelolaan sekolah | Istrumen manajerial (MJ-10) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | Apri11 |
| Sekolah belum menyusun dan melaksanakan program keamanan sekolah | Membimbing kepala sekolah untuk menyusun dan melaksana-kan program keamanan sekolah | Tersusunnya program keamanan sekolah | - memberikan arahan - memberikan contoh - bimbingan | - Pembicaraan awal dengan kepala sekolah - Eksplorasi pengetahuan kepala sekolah dalam penyusunan program - Analisis dokumen - Pemberian arahan dan bimbingan - penguatan | - Dokumen - Buku petunjuk pengelolaan sekolah | Istrumen manajerial (MJ-10) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | |
B | Akademik | | | | | | | | |
1 | Perencanaan Pembelajaran | | | | | | | | |
| a. Sebagian guru belum mampu menyusun jenis penilaian pengamatan | Membimbing guru dalam menyusun jenis penilaian pengamatan | Tersusunnya jenis-jenis penilaian pengamatan | - pemberian informasi - melakukan bimbingan - praktek | - Pembicaraan pendahuluan - Eksplorasi pengetahuan guru dalam penyusunan jenis penilaian pengamatan - Arahan dan bimbingan - Penugasan - Diskusi hasil tugas - penguatan | -Dokumen rencana pembelajaran -Petunjuk penyusunan RPP -Alat tulis | Istrumen (AK-01 dan 02) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | |
| b.Masih ditemu-kan guru yang belum mem-buat KKM indikator dan KD | membimbing guru dalam menetapkan KKM indikator dan KD | Terampilnya guru dalam menetapkan KKM indikator dan KD | - pemberian informasi - melakukan bimbingan - praktek | - Pembicaraan pendahuluan - Arahan penetapan KKM - Menganalisis KKM yang disu-sun guru - Diskusi hasil pengamatan - pemberian arahan dan bimbingan | -Dokumen rencana pembelajaran -Petunjuk penyusunan RPP -Alat tulis | Istrumen (AK-01) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | |
2 | Pelaksanaan Pembelajaran | | | | | | | | |
| a.Keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih kurang | Membimbing guru mengaktifkan siswa dalam pembelajaran | Meningkatnya kemampuan guru dalam melaksa-nakan pembela-jaran aktif | - pemberian informasi - melakukan bimbingan - praktek | - Pembicaraan pendahuluan dengan guru - Mengamati pembelajaran di - Diskusi hasil pengamatan - pemberian arahan dan saran | sda | Istrumen (AK-03) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala | Januari 2011.d. Mei 2011 |
| b.Sebagian guru belum melakukan penilaian selama proses berlangsung | Membimbing guru dalam melakukan penilaian selama proses berlangsung | Tersusunnya bentuk penilaian proses | - pemberian informasi - melakukan bimbingan - praktek | - Pembicaraan awal dengan guru - Mengamati pelaksanaan pembelajaran di kelas - Diskusi hasil pengamatan - pemberian arahan dan saran | -Instrumen supervisi akademik - Petunjuk teknis penilaian | Istrumen (AK-03) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala | Jan 2011 s.d. Mei 2011 |
| c.Sulit bagi guru untuk mengubah pembelajaran konvensional kepada pembelajaran inovatif | Membimbing guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang inovatif | Terampilnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran inovatif | - pemberian informasi - melakukan bimbingan - praktek | - Pembicaraan pendahuluan - Arahan tentang penggunaan metode pembelajaran - Mengamati penggunaan metode dalam pembelajaran - Diskusi hasil pengamatan - pemberian arahan dan bimbingan | -Dokumen rencana pembelajaran -Petunjuk penyusunan rencana pembelajaran -Alat tulis | Istrumen (AK-01 dan 02) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala oleh pengawas | |
3 | Penilaian | | | | | | | | |
| a.Guru belum mampu menyu-sun jenis penilaian yang mengukur/ menilai psikomotorik | Membimbing guru dalam menyusun jenis penilaian untuk mengukur/ menilai psikomotorik | Tersusunnya jenis penilaian psikomotorik | - pemberian informasi - melakukan bimbingan - praktek | - Pembicaraan pendahuluan - Arahan tentang penggunaan metode pembelajaran - Mengamati penggunaan metode dalam pembelajaran - Diskusi hasil pengamatan - pemberian arahan dan bimbingan | Petunjuk Penilaian Pembelajaran | Istrumen (AK-01 dan 02) | - Pemantauan - Bimbingan secara berkala | Jan 11 dan Mei 11 |
| b. Sebagian guru belum mampu menentukan KKM | Membimbing guru dalam menetapkan KKM | Tersusunnya KKM sesuai dengan petunjuk | - pemberian informasi - melakukan bimbingan - praktek | - Pembicaraan pendahuluan - Arahan tentang penggunaan metode pembelajaran - Mengamati penggunaan metode dalam pembelajaran - Diskusi hasil pengamatan - pemberian arahan dan bimbingan | sda | Istrumen (AK-01 dan 02) | | |
B. Jadwal Kegiatan
No | Kegiatan | Bulan/ Minggu ke | |||||||||||||||||||||||
Januari 11 | Februari 11 | Maret 11 | April 11 | Mei 11 | Juni 11 | ||||||||||||||||||||
A | Manajerial | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
1 | Pembiayaan | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | Peserta Didik | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | Peranserta Masyarakat | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | Lingkungan dan Budaya Sekolah | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
B | Akademik | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
1 | Perencanaan Pembelajaran | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | Pelaksanaan Pembelajaran | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | Penilaian | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
C.Penutup
Demikian program semester genap ini disusun sebagai acuan bagi penulis dalam melaksanakan pengawasan pada sekolah binaan.
Terima kasih
Koragaro, Januari 2011
Pengawas SD
Mengetahui: M O N O, M.Pd
NIP.19680106 200009 1 001
KOORDINATOR PENGAWAS
KECAMATAN TAPUNG HILIR
IRMANSYAH, M.Pd
NIP. 19611111 198112 1 001
Izin Meng Copy semoga bermamfaat
BalasHapusTerimakasih.